Obama Desak China Hentikan Unjuk Kekuatan di LCS

Sabtu, 03 September 2016 - 06:26 WIB
Obama Desak China Hentikan Unjuk Kekuatan di LCS
Obama Desak China Hentikan Unjuk Kekuatan di LCS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengatakan, China perlu menjadi kekuatan yang lebih bertanggung jawab karena pengaruh keuntungan global. Obama juga mendesak China untuk menghindari unjuk kekuatan dalam sengketa dengan negara-negara yang lebih kecil terkait isu Laut China Selatan (LCS).

Dalam wawancara dengan CNN, Obama mengatakan AS mendukung kebangkitan damai China tetapi Beijing harus mengakui bahwa dengan meningkatnya kekuatan maka meningkat pula tanggung jawab.

"Jika Anda menandatangani perjanjian yang menyerukan untuk tunduk pada arbitrase internasional terhadap isu-isu maritim, fakta bahwa Anda lebih besar dari Filipina atau Vietnam atau negara lain bukan alasan bagi Anda untuk pergi berkeliling dan melenturkan otot-otot Anda. Anda harus mematuhi hukum internasional," kata Obama seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (3/9/2016).

Obama mengatakan Washington telah mendesak Beijing untuk mengikat dirinya terhadap aturan dan norma-norma internasional guna membantu membangun tatanan internasional yang kuat.

"Dimana kita melihat mereka melanggar aturan dan norma-norma internasional, seperti yang telah kita lihat dalam beberapa kasus di Laut China Selatan atau dalam beberapa perilaku mereka ketika terkait kebijakan ekonomi, kami sudah sangat tegas. Dan kami sudah menunjukkan kepada mereka akan ada konsekuensi," tutur Obama.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7219 seconds (0.1#10.140)
pixels