Bicara Seusai Fakta Yakni Sebut Barat Provokasi Perang di Ukraina, Politikus Inggris Justru Dikecam

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:35 WIB
loading...
Bicara Seusai Fakta Yakni Sebut Barat Provokasi Perang di Ukraina, Politikus Inggris Justru Dikecam
Nigel Farage memicu kemarahan publik karena menuding Barat memicu perang di Ukraina. Foto/AP
A A A
LONDON - Nigel Farage, tokoh sayap kanan populis Inggris , telah memicu kemarahan lawan politiknya setelah mengatakan Barat “memprovokasi” invasi Rusia ke Ukraina.

Farage – yang memimpin partai politik Reformasi Inggris yang berkembang pesat dan merupakan tokoh penting dalam Brexit – berupaya memenangkan kursi di parlemen untuk pertama kalinya dalam pemilihan umum bulan depan.

Saat wawancara dengan BBC pada hari Jumat, Farage ditanya apakah dia mendukung tweet yang diposting pada Februari 2022 yang menyebut keputusan Putin untuk menginvasi Ukraina sebagai “konsekuensi dari ekspansi UE dan NATO.”

“Mengapa saya mengatakan itu? Jelas bagi saya bahwa perluasan NATO dan Uni Eropa ke arah timur memberi orang ini [Putin] alasan bagi rakyat Rusia untuk mengatakan bahwa mereka akan datang lagi kepada kita, dan berperang,” katanya kepada Nick Robinson dari BBC.

“Kami telah memprovokasi perang ini – tentu saja ini salahnya – dia menggunakan apa yang telah kami lakukan sebagai alasan,” katanya.

Farage – mantan anggota parlemen Uni Eropa – mengaku sebagai “satu-satunya orang dalam politik Inggris” yang memprediksi invasi ke Ukraina.

Setelah kemunculannya di BBC, Farage menyampaikan ke X dan mengklarifikasi komentarnya. “Saya adalah salah satu dari sedikit tokoh yang konsisten & jujur mengenai perang dengan Rusia,” tulisnya. “Putin salah dengan menginvasi negara yang berdaulat, dan UE salah jika melakukan ekspansi ke arah timur.”



Perdana Menteri Rishi Sunak bereaksi terhadap komentar tersebut hari ini saat berbicara kepada wartawan. “Apa yang dia katakan sepenuhnya salah dan hanya menguntungkan Putin,” kata Sunak. “Peredaan seperti ini berbahaya bagi keamanan Inggris.”

Mantan Menteri Pertahanan Konservatif Ben Wallace berbicara kepada program BBC Today tentang komentar Farage, di mana dia menyebut pemimpin Reformasi itu “seperti orang yang membosankan yang kita semua temui di ujung bar yang sering berkata 'Oh tidak, jika saya mencalonkan diri negara ini' dan menyajikan jawaban-jawaban yang sangat sederhana, yang saya khawatirkan di abad ke-21, adalah masalah-masalah yang rumit.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)
pixels