Terungkap, AL AS Deteksi Suara Ledakan Setelah Kapal Selam Titanic Hilang

Jum'at, 23 Juni 2023 - 19:24 WIB
loading...
Terungkap, AL AS Deteksi Suara Ledakan Setelah Kapal Selam Titanic Hilang
Angkatan Laut AS mendeteksi suara ledakan setelah kapal selam wisatan Titanic hilang kontak. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Otoritas Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa kapal selam wisata Titanic, Titan, mengalami ledakan dahsyat. Hilangnya kapal selam itu telah memicu pencarian besar-besaran selama berhari-hari.

Meski begitu muncul informasi terbaru terkait insiden tersebut. Sebuah sumber di Angkatan Laut AS menyebut pihaknya mendeteksi suara ledakan setelah kapal selam itu hilang kontak.

Seorang pejabat senior Angkatan Laut AS mengatakan kepada CNN bahwa pihaknya mendeteksi tanda akustik yang konsisten dengan ledakan pada hari Minggu di area umum tempat kapal itu menyelam dan hilang komunikasi dengan kapal induknya.

"Angkatan Laut segera menyampaikan informasi itu kepada komandan di tempat yang memimpin upaya pencarian, dan itu digunakan untuk mempersempit area pencarian," kata pejabat itu seperti dikutip dari CNN, Jumat (23/6/2023).

Tetapi, kata pejabat itu, suara ledakan tersebut dianggap "tidak pasti" dan upaya multinasional untuk menemukan kapal selam itu berlanjut sebagai upaya pencarian dan penyelamatan.



The Wall Street Journal pertama kali melaporkan tentang tanda akustik yang diambil oleh Angkatan Laut.

Upaya pencarian dan penyelamatan internasional terhadap kapal selam Titan meningkat pesat dalam beberapa hari terakhir.

Komunikasi terakhir antara kapal dan kapal induknya, the Polar Prince, terjadi pada pukul 11:47 hari Minggu waktu setempat. Tanpa GPS di bawah air, kapal selam hanya dipandu oleh pesan teks dari kapal permukaan.

Awal pekan ini, ada saat-saat yang memberi harapan bagi keluarga dan teman-teman kapal yang hilang itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)