Jaksa Turki: CIA dan FBI Latih Komplotan Kudeta

Sabtu, 30 Juli 2016 - 07:00 WIB
Jaksa Turki: CIA dan FBI Latih Komplotan Kudeta
Jaksa Turki: CIA dan FBI Latih Komplotan Kudeta
A A A
ANKARA - Seorang jaksa Turki menuduh CIA dan FBI memberikan pelatihan bagi para pengikut ulama Turki Fethullah Gulen yang tinggal di Amerika Serikat (AS). Para pengikut Gulen itulah yang dituduh sebagai komplotan yang berupaya kudeta 15 Juli 2016 lalu.

Jaksa Penuntut Umum Edirne telah menyiapkan dakwaan untuk menjerat 43 terdakwa yang dituduh terlibat kudeta yang gagal.

”CIA dan FBI memberikan pelatihan di beberapa mata pelajaran untuk kader yang dibesarkan di pusat-pusat kebudayaan milik gerakan Gulen,” bunyi dokumen jaksa yang dilansir Hurriyet.


Dokumen dakwaan tersebut menyatakan bahwa para loyalis Gulen menerima pelatihan dari AS dan menyusup ke lembaga peradilan dan keamanan di Turki.

”Upaya ini (gagal kudeta) bertujuan untuk melemahkan negara dengan semua lembaga dengan menyingkirkan pemerintah sepenuhnya. Mereka di dalam gerakan Gulen bekerja di lembaga peradilan dan keamanan dan menerima pelatihan tersebut, mengambil tugas ini dan berpindah ke dalam tindakan,” lanjut dokumen jaksa seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Sabtu (30/7/2016).

Media pro-Presiden Tayyip Erdogan, Yeni Safak juga melaporkan bahwa beberapa dinas rahasia asing lain ikut terlibat dalam pelatihan terhadap komplotan kudeta.

Hubungan antara Washington dan Ankara renggang setelah upaya kudeta militer Turki yang berhasil digagalkan. Beberapa media Turki dan pejabat pemerintah, termasuk menteri mengklaim bahwa AS sejatinya terlibat upaya kudeta. Namun, AS berkali-kali menyangkal tuduhan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3747 seconds (0.1#10.140)