Terus Digempur Saudi, Houthi Ancam Batalkan Perundingan Damai

Sabtu, 23 Juli 2016 - 00:45 WIB
Terus Digempur Saudi, Houthi Ancam Batalkan Perundingan Damai
Terus Digempur Saudi, Houthi Ancam Batalkan Perundingan Damai
A A A
SANAA - Kelompok pemberontak Yaman, Houthi mengancam akan membatalkan perundingan damai jika koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi melanjutkan serangan udara. Peringatan ini datang sehari setelah Kuwait menetapkan batas waktu untuk delegasi dari pihak yang bertikai di Yaman untuk tiba di negara itu.

"Ditengah meningkatnya eskalasi, agresi yang dipimpin Saudi telah mengintensifkan operasi militernya di beberapa provinsi di Yaman, termasuk lebih dari 75 serangan udara pada Kamis siang dan malam," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari laman Xinhua, Sabtu (23/7/2016).

Pernyataan ini juga menekankan bahwa serangan udara tersebut menargetkan warga sipil serta komite gencatan senjata bersama di provinsi Saada yang dipimpin oleh Gubernur Sada. Serangan tersebut menyebabkan sejumlah korban mengalami luka serius.

"Kami menekankan bahwa eskalasi militer yang dipimpin Saudi sangat serius karena melanggar gencatan senjata yang dicapai pada 10 April lalu dan tentu mengagalkan pembicaraan yang berlangsung di Kuwait, atau mungkin kompromi politik dan perdamaian Yaman," demikian pernyataan kelompok Houthi.

Pihak yang bertikai di Yaman telah mengadakan pembicaraan damai di Kuwait sejak April lalu. Pembicaraan damai ini berada di bawah naungan PBB untuk mencari kompromi politik guna mengakhiri perang saudara yang pecah sejak 2014 lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)