ISIS Jadikan 50 Ribu Warga Fallujah Perisai Manusia

Minggu, 29 Mei 2016 - 22:12 WIB
ISIS Jadikan 50 Ribu Warga Fallujah Perisai Manusia
ISIS Jadikan 50 Ribu Warga Fallujah Perisai Manusia
A A A
BAGHDAD - Kementerian pertahanan Irak telah berhasil mengisolasi ISIS kota Fallujah. Namun, kelompok ekstrimis itu menyandera para warga yang ada di Fallujah dan menjadikan mereka sebagai perisai manusia.

Badan urusan pengungsi PBB, UNHCR mengatakan, sekitar 50 ribu warga sipil terperangkap di Fallujah. Mereka dicegah oleh kelompok ekstrimis ISIS untuk melarikan diri dari kota tersebut.

(Baca juga: PBB: 50 Ribu Warga Terperangkap di Fallujah)

"Kami telah bergerak maju. Kehadiran warga sipil di kota bisa menunda pergerakan kami. Musuh telah meninggalkan wilayah pinggiran dan kini berada di dalam Fallujah," kata Brigadir Rasool Yahya seperti dikutip dari laman Mirror, Minggu (29/5/2016).

Pernyataan ini pun dibenarkan oleh juru bicara pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS), Steve Warren. "Para teroris menyandera penduduk sipil sehingga ISIS dapat bersembunyi di balik mereka," kata Warren.

Militer Irak telah melancarkan operasi untuk merebut kembali Fallujah dari tangan kelompok ISIS. Fallujah, bersama dengan Mosul, adalah salah satu benteng pertahanan terakhir ISIS di Irak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4645 seconds (0.1#10.140)