Filipina Bantah Tak Dukung Upaya Pengamanan Kawasan

Rabu, 04 Mei 2016 - 21:37 WIB
Filipina Bantah Tak Dukung Upaya Pengamanan Kawasan
Filipina Bantah Tak Dukung Upaya Pengamanan Kawasan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Filipina, Jose Rene D. Almendras. membantah anggapan yang menyebut pihaknya tidak mendukung upaya gabungan untuk mengamankan wilayah perairan di kawasan ASEAN. Itu diutarakan oleh Jose saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta.

"Saya hari ini datang ke Indonesia untuk melakukan diskusi pada esok hari mengenai mencari solusi atas tantangan terbaru di wilayah perairan," kataJose pada Rabu (4/5).

"Jadi, kami sudah berada di sini dan bertolak belakang dengan laporan bahwa Filipina tidak mendukung proposal soal melakukan koordinasi, dan berbagi informasi. Kehadiran kami di sini membuktikan bahwa kami tertarik untuk terlibat dalam diskusi itu," sambungnya.

Di kesempatan yang sama dirinya mengutarkan ucapan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, yang memiliki inisiatif untuk menggelar pertemuan tersebut. Jose menambahkan, Indonesia, Filipina dan Malaysia besok bukan hanya akan mencari solusi, tapi langkah-langkah nyata untuk menyelesaikan masalah yang ada.

"Filipina, Indonesia, dan Malaysia menyatukan pikiran guna menyelesaikan masalah. Tidak hanya mencari solusi, tapi juga rincian langkah yang akan dipraktikan di lapangan," ucapnya.

"Saya bergabung di Jakarta dan akan pindah ke Yogyakarta besok, bersama dengan mantan kepala staf kami yang telah ditunjuk oleh Presiden kita sebagai Direktur Eksekutif keamanan kami. Dia telah diberi kewenangan untuk semua aspek, baik warga sipil, maritim, penjaga pantai, dan kehadirannya di sini adalah bukti bahwa Filipina sangat-sangat tertarik dan mendukung Indonesia untuk menyatukan kesepakatan yang membantu kita untuk memerangi kegiatan ilegal," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4935 seconds (0.1#10.140)