Lacak Keberadaan Sandera Abu Sayyaf, Malaysia Wawancara WNI

Selasa, 05 April 2016 - 18:04 WIB
Lacak Keberadaan Sandera Abu Sayyaf, Malaysia Wawancara WNI
Lacak Keberadaan Sandera Abu Sayyaf, Malaysia Wawancara WNI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Malaysia terus mencari informasi mengenai keberadaan warganya yang disandera oleh kelompok yang diduga Abu Sayyaf. Salah satu caranya adalah melakukan wawancara dengan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang dibebaskan oleh kelompok tersebut.

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, ketiga WNI tersebut saat ini masih akan berada di Malaysia. Mereka berada di Tawau untuk memberikan keterangan kepada otoritas Malaysia, guna menemukan empat orang warga Negeri Jiran yang diculik.

"Ketiga WNI masih akan berada di Tawau pada minggu ini untuk memberikan keterangan pada pihak keamanan Malaysia guna membantu investigasi yang sedang dilakukan dalam pencarian dan pembebasan 4 ABK Malaysia dan khusus untuk keluarga ABK WNI Kemlu telah lakukan komunikasi," ucap Retno pada Selasa (5/4/2016).

Sebelumnya, Retno juga menuturkan bahwa pemerintah Indonesia dan Malaysia juga melakukan koordinasi terkait dengan upaya pembebasan 10 WNI yang juga disandera oleh kelompok yang diduga Abu Sayyaf. Koordinasi ini dilakukan karena lokasi penyanderaan berada di dekat Malaysia.

Seperti diketahui, pada 1 April lalu sebuah kapal berbendera Malaysia dengan sembilan anak buah kapal (ABK) ditangkap oleh kelompok yang diduga Abu Sayyaf. Dari sembilan ABK, empat diantaranya berasal dari Malaysia, dua dari Myanmar dan tiga Indonesia. Namun, hanya empat warga Malaysia yang disandera, sisanya dibebaskan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6067 seconds (0.1#10.140)