Kemlu Pulangkan 500 WNI dari Malaysia

Senin, 26 Oktober 2020 - 22:28 WIB
loading...
Kemlu Pulangkan 500 WNI dari Malaysia
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia membenarkan kabar bahwa mereka memfasilitasi pemulangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia. ANTARA Foto/Agus Setiawan/wsj.
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia membenarkan kabar bahwa mereka memfasilitasi pemulangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia . Total setidaknya 500 WNI yang dipulangkan dari Malaysia.

"Kemlu bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah telah fasilitasi kepulangan 503 WNI dari berbagai detensi imigrasi di Malaysia," kata Kemlu dalam siaran pers yang diterima Sindonews pada Senin (26/10/2020).

( Lihat foto: 552 Pekerja Migran Indonesia Ilegal Dipulangkan dari Malaysia )

"Kepulangan para WNI tersebut dilakukan melalui jalur udara dari Kuala Lumpur menuju tiga titik debarkasi di Indonesia secara serempak, masing-masing menuju Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda dan Bandara Kuala Namu," sambungnya.

Dalam pernyatannya, Kemlu menuturkan percepatan pemulangan para WNI ini menjadi prioritas utama karena selama ini proses pemulangan terhambat akibat pandemi Covid. Kemlu mengatakan, seluruh WNI telah menjalani protokol kesehatan secara ketat, antara lain melalui tes PCR sebelum keberangkatan.

( Baca juga: Gagal Dapatkan Persetujuan Umumkan Keadaan Darurat, PM Malaysia Didesak Mundur )

"Program ini merupakan realiasi kerja sama antara Indonesia dan Malaysia yang telah memulangkan para WNI dalam beberapa gelombang. Total telah dipulangkan sebanyak 1.897 WNI sejak Juni 2020," tukasnya.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)