Tanggap Darurat, AS Kerahkan Rudal Patriot ke Korsel

Sabtu, 13 Februari 2016 - 14:12 WIB
Tanggap Darurat, AS Kerahkan Rudal Patriot ke Korsel
Tanggap Darurat, AS Kerahkan Rudal Patriot ke Korsel
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) mengerahkan rudal Patriot tambahan ke Korea Selatan (Korsel) sebagai tindak tanggap darurat atas situasi di Semenanjung Korea.

Pengerahan rudal patriot itu untuk mengantisipasi ancaman Korea Utara (Korut) yang baru-baru ini menguji coba senjata nuklir dan roket jarak jauh.

Penyebaran ini merupakan bagian dari latihan untuk keadaan darurat, penyebaran dilakukan dalam menanggapi provokasi terakhir Korut,” bunyi pernyataan militer gabungan AS-Korsel, Sabtu (13/2/2016).

Rudal Patriot AS, seperti dikutip Japan Times, diterbangkan dari Fort Bliss, Texas, pekan dan disebar di Markas Angkatan Udara Osan, yang berjarak 47 kilometer dari sebelah selatan Kota Seoul.

Latihan seperti ini untuk memastikan bahwa kami selalu siap untuk mempertahankan terhadap serangan dari Korut,” kata Komandan Kedelapan Angkatan Darat AS, Letnan Jenderal Thomas Vandal.

AS juga berencana menyebarkan sistem rudal pertahanan THAAD di Korsel untuk menghadapi ancaman nuklir Korut. Tapi, rencana itu ditentang keras oleh China karena merasa ikut dijadikan target.

Menteri Luar Negeri China; Wang Yi, saat berbicara di Konferensi Keamanan di Munich, mengatakan bahwa Beijing telah mendesak Washington agar membatalkan rencananya untuk menyebarkan sistem rudal pertahanan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) ke Korsel.

Fakta-fakta jelas. Penyebaran sistem THAAD oleh AS jauh melampaui kebutuhan pertahanan di Semenanjung Korea dan cakupan itu berarti akan mencapai jauh ke benua Asia,” katanya.

Ini secara langsung mempengaruhi kepentingan keamanan strategis China dan negara-negara Asia lainnya,” lanjut Wang Yi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)