Korut Percepat Peluncuran Roket

Sabtu, 06 Februari 2016 - 21:12 WIB
Korut Percepat Peluncuran Roket
Korut Percepat Peluncuran Roket
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) dikabarkan tengah bersiap untuk meluncurkan apa yang disebutnya sebagai satelit obeservasi bumi. Data menunjukkan jika Korut telah mengisi tangki bahan bakar menjelang peluncuran yang membetot perhatian dunia internasional.

Sebelumnya, Korut mengumumkan akan melakukan peluncuran roket antara 8 dan 25 Februari bertepatan dengan ulang tahun mendiang pemimpin negara itu Kim Jong-il, yang merupakan ayah dari pemimpin saat ini Kim Jong-un.

Namun, Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menyatakan, Pyongyang telah merubah jadwal tersebut dan akan melakukannya antara 7 dan 14 Februari. Sejumlah media Jepang seperti Kyodo, Jiji Press, dan kantor berita NHK juga menurunkan berita yang sama dengan mengatakan bahwa Korut telah memberitahu Organisasi Maritimn Internasional tentang jadwal baru tersebut seperti dikutip dari Sky News, Sabtu (6/2/2016).

Sebelumnya, peneliti AS menyatakan, gambar citra satelit memperlihatkan kedatangan kapal tanker yang membawa bahan bakar di situs roket Sohae milik Korut. Hal ini mendorong spekulasi jika negara itu akan mempercepat peluncuran roket.

Peluncuran roket ini merupakan pelanggaran sanksi PBB karena teknologi serupa dapat digunakan untuk rudal balistik. Sebelumnya, Korut juga sudah mengklaim melakukan uji coba bom hidrogen yang menuai kecaman dari dunia internasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3720 seconds (0.1#10.140)