NATO Tuding Serangan Rusia Rusak Upaya Damai Suriah

Jum'at, 05 Februari 2016 - 21:43 WIB
NATO Tuding Serangan Rusia Rusak Upaya Damai Suriah
NATO Tuding Serangan Rusia Rusak Upaya Damai Suriah
A A A
AMSTERDAM - Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan, serangan udara intensif yang dilakukan Rusia di Suriah "merusak" upaya untuk menemukan solusi politik menghentikan perang. Serangan Rusia sendiri sebagian besar menargetkan pasukan pemberontak.

"Apa yang kita lihat adalah serangan udara Rusia yang intens, terutama menargetkan kelompok-kelompok oposisi di Suriah. Serangan itu merongrong upaya untuk menemukan solusi politik bagi konflik," kata Stoltenberg seperti dikutip dari laman Indian Express, Jumat (5/2/2016).

Stoltenberg juga mengatakan, serangan udara dan pembangunan pangkalan militer Moskow di Suriah dan Mediterania timur adalah tantangan bagi aliansi pimpinan AS terutama untuk Turki yang wilayah udaranya kerap dilanggar Rusia.

"Kehadiran dan meningkatnya aktivitas udara Rusia di Suriah juga menyebabkan meningkatnya dan pelanggaran wilayah udara Turki. Hal ini menciptakan risiko dan meningkatkan ketegangan serta tentu saja tantangan bagi NATO," imbuhnya.

Stoltenberg juga menegaskan jika NATO sangat mendukung upaya untuk mengakhiri perang di Suriah. Konflik yang telah berjalan selama lima tahun itu telah memakan korban jiwa hingga 250.000 jiwa dan setengah dari penduduk Suriah terpaksa mengungsi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4423 seconds (0.1#10.140)