Rusia Buktikan ke NATO Turki Sengaja Tembak Jatuh Su-24

Selasa, 01 Desember 2015 - 15:06 WIB
Rusia Buktikan ke NATO Turki Sengaja Tembak Jatuh Su-24
Rusia Buktikan ke NATO Turki Sengaja Tembak Jatuh Su-24
A A A
BRUSSELS - Rusia melalui Duta Tetap-nya untuk NATO, Alexander Grushko, memberikan bukti data bahwa Turki sengaja menembak jatuh pesawat jet pembom Su-24 Rusia.

Grushko pada Selasa (1/12/2015) mengatakan bahwa dia sudah bertemu Wakil Sekretaris Jenderal NATO, Alexander Vershbow, untuk membahas insiden Su-24.

”Ya, memang saya melakukan pembicaraan dengan Wakil Sekretaris Jenderal A. Vershbow atas insiden Su-24. Saya meletakkan penilaian Rusia sesuai kejadian dan serangkaian bukti dari faktor militer dan politik yang menunjukkan sifat kesengajaan dari serangan terhadap pesawat Rusia di wilayah udara Suriah,” kata Grushko, seperti dikutip Russia Today.

Grushko mencatat bahwa NATO sedang menijau Ankara. Menurutnya, NATO semestinya bertanggung jawab atas tindakan Turki yang merupakan anggota atau sekutu NATO.

Namun, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan bahwa Vershbow sudah menyampaikan kepada pejabat Rusia, bahwa NATO mendukung hak Turki untuk membela wilayah udaranya. Namun, NATO menyerukan agar Moskow dan Ankara menjalin kontak langsung.

Pada tanggal 24 November 2015, pesawat jet pembom Su-24 Rusia ditembakjatuh oleh rudal pesawat tempur F-16 Turki. Ankara berdalih, pesawat Su-24 melanggar wilayah udara Turki, tapi Moskow menyangkalnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)