Setelah 20 Bulan Tertunda, Turki Setujui Swedia Jadi Anggota NATO

Rabu, 24 Januari 2024 - 16:56 WIB
loading...
Setelah 20 Bulan Tertunda, Turki Setujui Swedia Jadi Anggota NATO
Turki menyepakati Swedia menjadi anggota NATO. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Parlemen Turki meratifikasi upaya Swedia untuk menjadi anggota NATO pada Selasa (23/1/2024), mengatasi rintangan terbesar yang tersisa untuk memperluas aliansi militer Barat setelah penundaan selama 20 bulan.

Majelis umum Turki, yang mayoritas dikuasai oleh aliansi Presiden Tayyip Erdogan, memberikan suara 287-55 untuk menyetujui permohonan yang pertama kali diajukan Swedia pada tahun 2022 untuk meningkatkan keamanannya sebagai tanggapan terhadap invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

Semua anggota NATO harus menyetujui permohonan dari negara-negara yang ingin bergabung dengan aliansi tersebut. Ketika Swedia dan Finlandia meminta untuk bergabung pada tahun 2022, Turki mengajukan keberatan atas apa yang dikatakan kedua negara sebagai perlindungan terhadap kelompok yang dianggap teroris.

Turki sebelumnya mendukung keanggotaan Finlandia pada bulan April tahun lalu namun, bersama dengan Hongaria, membuat Swedia menunggu.

“Kami mendukung perluasan NATO untuk meningkatkan upaya pencegahan aliansi… Kami berharap sikap Finlandia dan Swedia dalam memerangi terorisme menjadi contoh bagi sekutu kami yang lain,” kata Fuat Oktay, ketua komisi urusan luar negeri parlemen dan anggota Partai AK yang berkuasa.



Persetujuan parlemen Turki mendapatkan respons dari Amerika Serikat (AS). “Saya sangat mengapresiasi keputusan Parlemen Turki yang menyetujui masuknya Swedia ke dalam NATO hari ini,” kata Duta Besar AS Jeff Flake.

Dia mengatakan komitmen Turki terhadap Aliansi NATO dengan jelas menunjukkan kemitraan abadi.

Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom juga menyambut baik persetujuan parlemen Turki. “Kami kini menantikan Presiden Erdogan menandatangani dokumen ratifikasi,” kata Billstrom dalam keterangan tertulisnya.

Erdogan diperkirakan akan menandatangani undang-undang tersebut dalam beberapa hari, meninggalkan Hongaria – yang Perdana Menterinya Viktor Orban memiliki hubungan persahabatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin – sebagai satu-satunya negara anggota yang tidak menyetujui aksesi Swedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)