Protes Kebijakan, Pengungsi Lakukan Jahit Bibir

Selasa, 24 November 2015 - 21:07 WIB
Protes Kebijakan, Pengungsi Lakukan Jahit Bibir
Protes Kebijakan, Pengungsi Lakukan Jahit Bibir
A A A
ATHENA - Sejumlah pengungsi yang berada di perbatasan Yunani- Makedonia melucuti pakaian dan menjahit bibir mereka bersama-sama. Aksi ini mereka lakukan untuk memprotes kebijakan pembatasan terhadap imigran yang masuk ke sejumlah negara di Eropa.

Para pengungsi yang berasal dari Maroko, Iran, dan Pakistan memprotes kebijakan yang diberlakukan negara-negara Balkan dimana mereka akan menyaring para imigran yang akan melewati wilayah tersebut. Negara-negara tersebut juga mulai memblokade lalu lintas kereta api dan mendesak para imigran untuk mengambil jalur ke Eropa barat seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Selasa (24/11/2015).

Sedangkan pada pekan lalu, Slovenia yang merupakan anggota dari wilayah Schengen Eropa yang membebaskan paspor menyatakan hanya akan memberikan penampungan bagi para pengungsi yang berasal dari wilayah konflik macam Suriah, Irak, dan Afghanistan. Slovenia akan mengirim pulang kembali para imigran ekonomi ke negara asalnya.

Kebijakan ini pun mendapat sorotan dari para pegiat HAM. Mereka mempertanyakan kebijakan yang diambil oleh negara-negara tersebut. Menurut mereka, pemberian suaka harus didasarkan pada kemanusiaan, bukan atas dasar kebangsaan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3890 seconds (0.1#10.140)