Korut Bersiap Luncurkan Rudal

Minggu, 15 November 2015 - 19:58 WIB
Korut Bersiap Luncurkan Rudal
Korut Bersiap Luncurkan Rudal
A A A
SEOUL - Kantor berita Yonhap melaporkan, Korea Utara (Korut) telah memberlakukan zona larangan berlayar di lepas pantai timur. Hal itu ditengarai sebagai tanda jika negara itu tengah mempersiapkan peluncuran rudal.

Menurut Yonhap, mengutip sebuah sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya, peringatan zona larangan berlayar itu mencakup semua aktivitas kapal di laut.

Peringatan itu dimulai dari 11 November - 7 Desember untuk wilayah yang menjadi pusat dari lepas pantai Korut.

"Kami mengamati dari dekat apakah Korut akan meluncurkan rudal Scud atau model baru dari rudal balistik karena zona peringatan pelarangan pelayarannya mencakup wilayah yang cukup besar," ujar sang sumber seperti disitir Reuters dari Yonhap, Minggu (15/11/2015).

Untuk diketahui, rudal Scud adalah rudal jarak pendek yang awalnya dikembangkan oleh Uni Soviet.
Terkait laporan ini, Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menolak untuk mengkonfirmasi apakah ada peringatan berlayar yang dikeluarkan terkait rencana tersebut.

Korut sendiri sebelumnya telah memberlakukan zona larangan berlayar meski tidak melakukan peluncuran rudal. Negara ini tengah berada di bawah sanksi PBB atas peluncuran rudal balistik dan tes nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5162 seconds (0.1#10.140)