RI Minta Australia Pertimbangkan Kebijakan Imigran

Selasa, 10 November 2015 - 17:26 WIB
RI Minta Australia Pertimbangkan Kebijakan Imigran
RI Minta Australia Pertimbangkan Kebijakan Imigran
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia meminta Australia untuk lebih memikirkan kebijakan mereka soal kaum imigran. Permintaan ini muncul karena kebijakan yang diambil Australia berdampak pada seluruh kawasan.

"Bahwa Australia punya kebijakan nasional tak menerima imigran. Itu haknya australia sebagai negara merdeka dan berdaulat," kata Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Indonesia Hasan Kleib.

"Yang kita minta adalah, mengingat dampak dari kebijakannya juga berimbas pada kawasan, mohon kiranya jika ada kebijakan, kita bisa duduk bersama, berbagi tanggungjawab," sambungnya pada Selasa (10/11).

Salah satu contoh tindakan Australia yang berdampak bagi kawasan, khususnya Indonesia adalah kebijakan mereka yang mengharuskan kapal imigran memutar arah. Ini membuat imigran melarikan tujuan mereka ke sejumlah negara di kawasan, salah satunya Indonesia.

"Karena sebagai contoh turn back the boat itu kan dari negara asal, bukan mau ke indonesia, tapi mau ke australia. Kita tidak tau kapan berangkatnya, di tengah jalan dibalikkan ke kita, jadi beban kita," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2924 seconds (0.1#10.140)