AU Niger Bombardir Markas Boko Haram, 20 Militan Ditangkap

Kamis, 05 November 2015 - 20:39 WIB
AU Niger Bombardir Markas Boko Haram, 20 Militan Ditangkap
AU Niger Bombardir Markas Boko Haram, 20 Militan Ditangkap
A A A
NIAMEY - Angkatan Udara (AU) Niger membombardir basis kelompok pemberontak Boko Haram di wilayah tenggara negara itu dan menangkap 20 anggotanya. Serangan ini adalah serangan terbesar dalam 8 bulan terakhir.

"Angkatan Udara kami menghancurkan markas Boko Haram, tetapi kami belum memiliki angka kematian yang resmi," ujar seorang perwira militer. Sedangkan, anggota Boko Haram yang tertangkap adalah yang berhasil selamat dari serangan udara tersebut seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (5/11/2015).

Kelompok pemborantak Boko Haram telah berulang kali melancarkan serangan ke sejumlah negara yang berada di wilayah Danau Chad yaitu Nigeria, Chad, Niger, dan Kamerun. Pasca mereka meledakkan kendaraan militer, pasukan pemerintah Niger melacak keberadaan mereka dan berhasil menemukan markas mereka di wilayah tenggara negara itu.

Empat negara di wilayah Danau Chad sendiri telah membentuk pasukan koalisi yang berjumlah 8.700 personel untuk memerangi kelompok yang berafiliasi dengan ISIS tersebut. Mereka berharap bisa mengakhiri perlawanan Boko Haram pada akhir tahun nanti.

Belakangan, bantuan datang dari Amerika Serikat yang akan mengirimkan 300 pasukan dan sejumlah pesawat drone. Pasukan AS akan melakukan tugas intelijen udara, pengawasan, dan operasi pengintaian di wilayah tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3817 seconds (0.1#10.140)