Ukraina dan Kelompok Separatis Lakukan Pertukaran Tawanan

Jum'at, 30 Oktober 2015 - 17:44 WIB
Ukraina dan Kelompok Separatis Lakukan Pertukaran Tawanan
Ukraina dan Kelompok Separatis Lakukan Pertukaran Tawanan
A A A
SCHASTYA - Pasukan bersenjata Ukraina dan kelompok separatis melakukan pertukaran tawanan yang berjumlah 20 orang. Pertukaran tawanan ini adalah upaya kedua belah pihak dalam rangka melakukan pembicaraan damai untuk mengakhiri krisis di negara itu yang berlangsung selama 18 bulan.

Dalam peristiwa pertukaran tawanan yang pertama sejak 8 September lalu ini, kelompok separatis menyerahkan 8 tentara Ukraina dan seorang warga sipil. Sedangkan dari pihak tentara Ukraina menyerahkan 11 milisi separatis, seperti dikutip dari laman AFP, Jumat (30/10/2015).

Selain itu, Presiden Ukraina Petro Proshenko juga mengatakan, 9 warga Ukraina juga telah dibebaskan oleh kelompok milisi Republik Rakyat Lugansk. Lima dari sembilan orang yang dibebaskan mengenakan seragam militer, sedangkan sisanya yang berasal dari sekitar wilayah separatis pro Rusia di Donetsk, mengenakan pakaian sipil.

Pemerintah Ukraina percaya, kelompok separatis masih menahan 158 orang Ukraina, termasuk 59 warga sipil. Sedangkan kelompok separatis meyakini jika Kiev menawan sekitar 2.400 milisi separatis dan warga sipil, meski kebenaran mengenai angka ini masih sulit diverifikasi secara independen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)