AS Setop Latih Pemberontak Suriah

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 21:03 WIB
AS Setop Latih Pemberontak Suriah
AS Setop Latih Pemberontak Suriah
A A A
LONDON - Pemerintahan Presiden Barack Obama menghentikan program Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang memberikan pelatihan dan mempersenjatai pemberontak Suriah. Sebelumnya, sejak Mei lalu, Pentagon memulai program senilai USD 500 juta untuk melatih dan mempersenjatai pemberontak Suriah.

Dalam program ini, AS melatih 5.400 pemberontak yang melakukan perlawanan terhadap rezim Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Seperti dikutip dari Nytimes.com, Jumat (9/10), AS mengakui kalau program ini telah gagal.

"Saya tidak senang dengan upaya awal dari program ini. Jadi, kami telah menyusun sejumlah pendekatan yang berbeda. Saya pikir Anda akan mendengar dari Presiden Obama (soal penjelasan program ini) dalam waktu dekat,” ujar Menteri Pertahanan AS, Ashton B. Carter dalam jumpa pers bersama Menhan Inggris, Michael Fallon di London.

Seorang pejabat senior di Kementerian Pertahan AS dalam kondisi anonim menyatakan, tidak akan ada lagi perekrutan pemberontak Suriah moderat yang dilakukan Pentagon. Juga tidak akan ada lagi program pelatihan bagi pemberontak Suriah yang sebelumnya digelar di Yordania, Qatar, Arab Saudi, dan atau Uni Emirat Arab.

"Pelatihan ribuan pasukan infanteri bukanlah model yang tepat," kata seorang pejabat senior AS lainnya. Kemungkinan, AS akan membuat sebuah pusat pelatihan yang lebih kecil, yang hanya akan melatih komandan-komandan pemberontak untuk diajari cara bermanuver pasukan dan meminta bantuan serangan udara.

Program pelatihan pemberontak Suriah digagas AS pada Desember 2014 lalu. Rencana awal, AS akan melatih 5.400 pemberontak Suriah pada tahun 2015 ini dan 15.000 lainnya selama tiga tahun ke depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3748 seconds (0.1#10.140)