Masih Tegang, Obama dan Putin Hendak Bertatap Muka

Jum'at, 25 September 2015 - 12:53 WIB
Masih Tegang, Obama dan Putin Hendak Bertatap Muka
Masih Tegang, Obama dan Putin Hendak Bertatap Muka
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, hendak bertatap muka langsung di New York pekan depan di saat AS dan Rusia masih bersitegang soal Ukraina dan Suriah.

Kremlin dan Gedung Putih pada Kamis sepakat untuk melakukan pembicaraan. AS dalam beberapa hari ini gusar dengan pengerahan kekuatan militernya di Suriah untuk membela rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad yang tengah memerangi ISIS. Dalam krisis Ukraina, Rusia juga berkali-kali dijatuhi sanksi oleh AS dan Uni Eropa.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, membenarkan rencana pertemuan Obama dan Putin pekan depan. ”Tentu saja, topik utama akan membahas Suriah,” katanya, seperti dikutip Reuters, Jumat (25/9/2015).

Ditanya apakah krisis Ukraina juga akan dibahas kedua pemimpin itu. Peskov menjawab; “Jika ada waktu memungkinkan.”

Jawaban Peskov itu direspons cepat juru bicara Obama, Josh Earnest. ”Akan ada waktu,” katanya saat briefing di Washington.

Para pemimpin dunia dijadwalkan akan bertemu di New York untuk menghadiri Sidang Umum Majelis PBB pada Senin pagi pekan depan. Peskov menyatakan dalam forum PBB itu, Presiden Putin akan pidato.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)