ISIS Ledakkan 3 Menara Kuburan Kuno di Palmyra

Jum'at, 04 September 2015 - 17:30 WIB
ISIS Ledakkan 3 Menara Kuburan Kuno di Palmyra
ISIS Ledakkan 3 Menara Kuburan Kuno di Palmyra
A A A
PALMYRA - ISIS membuat kehancuran lebih lanjut di situs warisan dunia, di kota kuno Palmyra, Suriah. Kapala Urusan Barang Antik Suriah, Maamoun Abdulkarim, pada Jumat (4/9/2015), mengatakan bahwa, ISIS telah meledakkan tiga menara kuburan kuno di Palmyra.

Menara-menara kuburan kuno yang dibangun pada abad pertama dan kedua itu hancur setelah diledakkan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) awal pekan ini.

Abudlkarim kepada IB Times Inggris, mengatakan menara-menara yang hancur itu dibangun tahun 83 sesudah Masehi dan tahun 103 sesudah Masehi.

“Itu adalah konstruksi yang sangat baik dengan banyak dekorasi yang fantastis,” kata Abdulkarim. Dia mengatakan bahwa, kerusakan bangunan kuno itu telah dikonfirmasi sumber lokal di Palmyra.

Kelompok itu semakin brutal menghancurkan bangunan-bangunan kuno sejak merebut Palmyra dari pasukan Pemerintah Suriah pada bulan Mei 2015.

”Mereka membutuhkan beberapa bulan untuk mengontrol dan meneror orang-orang, kemudian setelah itu menerapkan hukum syariah dan mereka mulai menghancurkan,” ujar Abdulkarim.

Dalam beberapa minggu terakhir, citra satelit menunjukkan bahwa kuil kuno berusia 2.000 tahun di wilayah Bel dan Baalshamin telah hancur. Penghancuran itu terjadi seminggu setelah militan ISIS memenggal arkheolog utama Palmyra, Khaled al-Asaad.

”Palmyra sekarang jadi sandera Daesh (nama lain untuk ISIS). Mereka melihat reaksi internasional terhadap kematian (Khaled) al-Asaad dan bagaimana Palmyra begitu penting menjadi ‘jantung’ bagi semua orang di dunia, dan mereka ingin menunjukkan bahwa mereka kuat,” kata Abdulkarim.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0768 seconds (0.1#10.140)