Pertemuan Partai Demokrat Gagal Hasilkan Dukungan Buat Obama

Senin, 31 Agustus 2015 - 19:26 WIB
Pertemuan Partai Demokrat Gagal Hasilkan Dukungan Buat Obama
Pertemuan Partai Demokrat Gagal Hasilkan Dukungan Buat Obama
A A A
WASHINGTON - Pertemuan Komite Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) gagal menghasilkan dukungan bagi kebijakan perjanjian nuklir Iran Presiden Barack Obama. Pertemuan ini digelar di tengah-tengah persiapan rapat Kongres AS yang akan membahas masalah yang sama pada pekan depan.

Dikutip dari laman Fox News, Senin (31/8/2015), sebuah sumber kepada Washington Post mengatakan, gagalnya resolusi dari pertemuan yang sengaja diadakan untuk menggalang dukungan bagi Obama ini karena ditolak oleh salah seorang anggota komite, Debbie Wasserman Schultz.

Schultz yang berasal dari pemilihan Florida berada dalam posisi dilematis. Pasalnya, dia berasal dari daerah dengan populasi Yahudi yang besar. Karenanya, ia merasa berada dalam posisi yang sulit saat harus memilih antara konstituen dan kebijakan Presiden.

Selain itu, beberapa anggota Kongres Partai Demokrat yang juga Yahudi amat menentang kesepakatan itu. Mereka merasa khawatir jika perjanjian itu akan menempatkan Israel dalam risiko yang lebih besar karena akan menghadapi ancaman serangan dari Iran.

Meski begitu, setidaknya ada 160 anggota komite Partai Demokrat yang menandatangani surat, "Surat Khusus Presiden", dimana mereka menjanjikan dukungan untuk kepemimpinan Obama dan setuju bahwa kebijakan untuk menempatkan batasan yang ketat terhadap program nuklir Iran adalah sebuah kemenangan penting bagi diplomasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4185 seconds (0.1#10.140)