Menlu Rusia dan Indonesia Lakukan Pertemuan di Forum ASEAN

Rabu, 05 Agustus 2015 - 15:11 WIB
Menlu Rusia dan Indonesia Lakukan Pertemuan di Forum ASEAN
Menlu Rusia dan Indonesia Lakukan Pertemuan di Forum ASEAN
A A A
KUALA LUMPUR - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov, melakukan pertemuan dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi di sela-sela forum ASEAN, di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (5/8/2015).

Pertemuan bilateral itu berlangsung tertutup di balik pintu, di sebuah ruang di forum ASEAN. Belum jelas agenda pembicaraan dua diplomat tinggi kedua negara itu.

Forum ASEAN tahun ini diramaikan isu sengketa Laut China Selatan antara China dan negara-negara ASEAN. China bahkan sempat berseteru dengan negara-negara ASEAN ketika membahas solusi sengketa maritime itu.

Sebanyak 27 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Rusia dan China diundang dalam forum itu. AS sendiri telah menjadi kritikus keras terhadap China dalam sengketa Laut China Selatan.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, mengatakan meskipun ada kemajuan dalam konsultasi antara ASEAN dan China soal rencana penyusunan “kode etik” atau CoC Laut China Selatan, namun penyusunannya harus dipercepat.

”Kami mendesak pejabat senior kami untuk mengintensifkan konsultasi mereka sehingga CoC dapat dibentuk sesegera mungkin," katanya kepada wartawan.

”Kami sepakat bahwa ini hal penting yang harus ditangani secara konstruktif dan menjelajahi semua kemungkinan untuk menahan segala tindakan untuk memastikan bahwa perbedaan pendapat antar-pihak tidak meningkat menjadi situasi yang merusak perdamaian, keamanan dan stabilitas,” ujar Anifah.

Namun, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, setelah bertemu Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, menegaskan forum ASEAN bukan forum yang tepat untuk penyusunan CoC. ”CoC tidak akan dibahas pada pertemuan ASEAN ini, kami memiliki pertemuan pejabat khusus dan kelompok kerja,” katanya, seperti dilansir Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3942 seconds (0.1#10.140)