Kapal Perang Rusia dan AL ASEAN Manuver Bersama di Indonesia

Kamis, 02 Desember 2021 - 09:24 WIB
loading...
Kapal Perang Rusia dan AL ASEAN Manuver Bersama di Indonesia
Kapal perang Admiral Panteleyev mewakili Rusia dalam latihan Angkatan Laut bersama ASEAN di lepas pantai Sumatra Utara, Indonesia. Foto/Yuri Smityuk/TASS
A A A
JAKARTA - Latihan militer pertama Rusia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dibuka di Indonesia pada hari Rabu (1/12/2021). Dalam manuver bersama ini, Moskow diwakili kapal perang Admiral Panteleyev.

Upacara pembukaan latihan militer gabungan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyeva.



"Latihan-latihan ini tentang perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan ini," kata Ivanov. "Kami membuka halaman baru dalam kemitraan strategis kami," katanya lagi, yang dilansir kantor berita TASS, Kamis (2/12/2021).

Latihan Angkatan Laut Rusia-ASEAN di perairan teritorial Indonesia berlangsung di lepas pantai Sumatra Utara akan berlangsung hingga 3 Desember 2021.

Kapal perang anti-kapal selam Admiral Panteleyev mewakili Rusia dalam manuver gabungan tersebut. Manuver akan berjalan dalam dua tahap, yakni virtual dan manuver Angkatan Laut.

Rusia dan ASEAN mengadakan pertemuan puncak (KTT) keempat mereka melalui konferensi video pada 28 Oktober 2021 lalu. KTT itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan ASEAN yang dirayakan tahun ini.

KTT mengadopsi sejumlah dokumen yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis. Para pemimpin kemudian menyetujui keputusan untuk mengadakan manuver Angkatan Laut Rusia-ASEAN yang pertama.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)