Buru El Chapo, Meksiko Tawarkan Rp50,7 Miliar

Selasa, 14 Juli 2015 - 09:30 WIB
Buru El Chapo, Meksiko Tawarkan Rp50,7 Miliar
Buru El Chapo, Meksiko Tawarkan Rp50,7 Miliar
A A A
MEXICO CITY - Pemerintah Meksiko menawarkan hadiah 60 juta peso atau skeitar Rp50,7 miliar untuk memburu gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman yang melarikan diri dari penjara Altiplano melalui terowongan besar.

Aksi melarikan diri El Chapo, menurut Pemerintah Meksiko, melibatkan pihak berwenang atau terjadi kolusi. Gembong narkoba yang paling disegani di Meksiko itu melarikan diri pada Sabtu malam.

Praktik kolusi itu diungkap Menteri Dalam Negeri Meskiko, Miguel Angel Osorio Chong, pada hari Senin (14/7/2015). ”Tidak akan ada istirahat bagi si kriminal ini,” kata Osorio Chong dalam konferensi pers di Mexico City, seperti dikutip Reuters. (Baca juga: Bos Narkoba Meksiko Kabur dari Penjara Keamanan Maksimum)

Sedangkan tawaran hadiah hingga sekitar Rp50, 7 miliar itu disampaikan Jaksa Meskiko, Jenderal Arely Gomez. Hadiah itu, kata dia, akan diberikan kepada semua pihak yang memberikan informasi yang mengarah pada penangkap El Chapo.

Kasus gembing narkoba melarikan dari dari penjara merupakan yang ekdua kalinya dalam 14 tahun terakhir. Larinya bos kartel narkoba Sinaloa dari penjara dengan tingkat keamanan maksimal itu membuat malu Presiden Enrique Pena Nieto.

Tentara dan polisi telah dikerahkan untuk memburu El Chapo. Jaksa telah menginterogasi 30 pegawai penjara dari berbagai peringkat, termasuk sipir, setelah curiga “orang dalam” terlibat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5254 seconds (0.1#10.140)