China Akan Menolak Semua Putusan ICC

Kamis, 09 Juli 2015 - 22:29 WIB
China Akan Menolak Semua Putusan ICC
China Akan Menolak Semua Putusan ICC
A A A
JAKARTA - Pemerintah China menegaskan mereka tidak akan menerima keputusan yang dibuat oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC) soal Laut China Selatan. ICC mulai menyentuh isu tersebut setelah Filipina menyampaikan gugatan atas kepermilikan wilayah di kawasan sengketa itu.

“Kami tidak akan berpartisipasi, kami tidak akan menerima segala macam keputusan yang dibuat di sana,” kata Konsuler Kedutaan Besar China di Jakarta, Xu saat ditemui Sindonews di kantornya pada Kamis (9/7/2015).

Langkah yang diambil China ini sejatinya sudah bisa diprediksi sedari awal Filipina mengajukan gugatan tersebut pada tahun 2013 lalu. Menurut beberapa pengamat, salah satu alasan China akan menolak keputusan ICC adalah karena posisi organisasi tersebut yang tidak terlalu kuat.

Seperti diketahui, ICC adalah sebuah badan independen yang berkantor di Den Haag, Belanda, yang tidak memiliki personel penegak hukum. Hal inilah yang menurut para pengamat yang akan membuat keputusan ICC tidak terlalu berpengaruh pada China.

Sebelumnya, China juga mengaku kecewa dengan langkah yang diambil oleh Filipina tersebut. Menurut Negeri Tirai Bambu itu, harusnya Filipina memilih langkah-langkah diplomasi, daripada menggunakan jalur hukum untuk menyelesaikan masalah ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4173 seconds (0.1#10.140)