Filipina: Dunia Dukung Kami, China Sendirian

Kamis, 24 Agustus 2023 - 14:39 WIB
loading...
Filipina: Dunia Dukung Kami, China Sendirian
Momen menegangkan saat kapal Coast Guard China memblokade kapal Coast Guard Filipina di Laut China Selatan. Filipina senang didukung komunitas internasional dalam masalah ini. Foto/PCG
A A A
MANILA - Filipina mengatakan dunia internasional mendukung Manila dalam mempertahankan hak-haknya atas sebagian Laut China Selatan.

Sedangkan China, menurut Filipina, terisolasi sendirian dalam masalah ini.

Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, dan Australia termasuk di antara negara-negara yang sebelumnya mencemooh penggunaan meriam air oleh kapal Coast Guard China terhadap kapal-kapal pemasok Filipina yang berlayar di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina.

“Itu adalah hal besar bagi kami berdiri di samping komunitas bangsa-bangsa,” kata juru bicara Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) Kolonel Medel Aguilar, Kamis (24/8/2023).



“Mereka (negara-negara dunia) bersama kami, sementara pihak lain (China) sendirian,” ujarnya.

“Mereka (China) kesepian, mereka terisolasi,” imbuh Aguilar, seperti dikutip ABS-CBN.

"apa yang terjadi tidak dapat diterima oleh komunitas internasional," paparnya.

Coast Guard Filipina (PCG) mengatakan tekanan dari negara lain mungkin menjadi salah satu faktor yang mendorong China untuk mengurangi agresinya di Laut Filipina Barat.

“Terakhir, mereka mengerahkan 6 kapal besar Coast Guard China, namun kali ini mereka hanya mengerahkan 2 kapal Coast Guard, dua di antaranya lebih kecil dari kapal kami," kata juru bicara PCG Komodor Jay Tarriela.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)