Amerika Serikat Diam-diam Kirim Senjata dari Israel ke Ukraina

Rabu, 18 Januari 2023 - 14:06 WIB
loading...
A A A


“Meski pejabat Israel awalnya menyatakan keberatan tentang rencana untuk menarik dari stok di negara mereka sendiri, percaya itu bisa menunjukkan Israel terlibat dalam mempersenjatai Ukraina, pemerintah akhirnya setuju dengan syarat bahwa Pentagon mengisi kembali persenjataan itu. Washington juga telah berjanji untuk segera mengirimkan amunisi dalam keadaan darurat yang parah," papar laporan Times.

Israel mempertahankan hubungan dengan Ukraina dan Rusia, dan telah berusaha menjalin hubungan diplomatik antara dua negara yang berkonflik sejak pertempuran meletus tahun lalu.

Meskipun telah menawarkan membantu menengahi pembicaraan damai dan memberikan beberapa putaran bantuan kemanusiaan ke Kiev, Israel sebagian besar menolak bergabung dengan sekutu Baratnya dalam mempersenjatai Ukraina atau memberikan sanksi ekonomi Rusia, karena khawatir tindakan bermusuhan seperti itu dapat merusak hubungan dengan Moskow.

Di bawah Presiden Joe Biden, AS telah mengesahkan sekitar USD25 miliar bantuan militer langsung ke Kiev.

AS baru-baru ini setuju mengirim 50 kendaraan tempur infanteri Bradley dan berbagai senjata lainnya dalam paket senjata terbaru senilai USD3 miliar.

Namun, pejabat Ukraina terus meminta perlengkapan tambahan, dan sekarang mendesak Washington dan sekutu Eropanya mengirim tank tempur utama dan pertahanan udara yang lebih baik, di antara senjata lainnya.

Sementara AS sejauh ini telah menolak permintaan tank, para pemimpin militer dari “Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina”, yang termasuk anggota NATO, akan bertemu di Pangkalan Udara Ramstein Jerman pada Jumat untuk membahas kemungkinan pengiriman senjata yang lebih berat.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)