Ingin Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Polandia Disemprot Jerman

Sabtu, 14 Januari 2023 - 09:01 WIB
loading...
Ingin Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Polandia Disemprot Jerman
Jerman memperingatkan Polandia terkait keinginan untuk mengirimkan tank leopard 2 ke Ukraina. Foto/Overt Defense
A A A
BERLIN - Jerman memperingatkan Polandia yang berkeinginan untuk mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina . Juru bicara pemerintah Jerman mengatakan mengirimkan tank Leopard 2 ke Ukraina tanpa lampu hijau dari Berlin akan dianggap melanggar hukum.

Polandia sebelumnya mengumumkan rencana untuk memasok Ukraina dengan sekitar selusin kendaraan lapis baja buatan Jerman itu, sedangkan Finlandia juga mempertimbangkan opsi semacam itu.

“Itu akan ilegal,” kata seorang wakil juru bicara pemerintah, Christiane Hoffmann, ketika ditanya apakah perangkat keras militer dapat diserahkan begitu saja ke Kiev tanpa persetujuan sebelumnya dari Jerman.

“Itu membutuhkan persetujuan dari pemerintah federal,” jelasnya kepada wartawan di Berlin, dengan mengatakan itu adalah aturannya, seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (14/1/2023).



Namun, kata Hoffmann, Berlin tidak yakin negara mana pun akan benar-benar mengambil langkah seperti itu tanpa izin Berlin.

"Itu bukan sesuatu yang membuat kami khawatir atau yang kami takuti," katanya kepada media, seraya menambahkan bahwa menurutnya itu bukan asumsi yang realistis.

Seorang juru bicara kementerian ekonomi Jerman juga mengatakan kepada wartawan bahwa izin ekspor ulang khusus akan diperlukan untuk tindakan semacam itu di bawah Undang-Undang Perdagangan Luar Negeri Jerman dan Undang-Undang Pengendalian Senjata Perang.

Sejauh ini, menurut pemerintah Jerman, baik Warsawa maupun Helsinki belum mendekati Berlin untuk persetujuan tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)