Bisa Bikin AS Tsunami Radioaktif, Kapal Selam Nuklir Rusia Rampung Uji Torpedo Poseidon

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:46 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan laporan di atas, tampaknya Angkatan Laut Rusia mungkin telah menghabiskan lebih dari sebulan di Laut Arktik untuk mempersiapkan pengujian tetapi dibatalkan karena kesulitan teknis.



Namun demikian, para pejabat AS telah mengakses informasi bahwa Rusia dapat melakukan upaya lain untuk menguji torpedo tersebut. Laporan menunjukkan uji coba torpedo nuklir dapat mengobarkan ketegangan antara AS dan Rusia lebih jauh pada saat Washington dan sekutu Eropanya sedang memantau tanda-tanda potensi penggunaan senjata nuklir oleh militer Rusia di Ukraina.

AS tidak berharap tes tersebut melibatkan peledakan perangkat nuklir, namun, selain berkemampuan nuklir, Poseidon juga bertenaga nuklir, dan potensi bahaya apa pun dari kerusakan sistem propulsi nuklir mini di dalam torpedo itu dapat menyebabkan kebocoran radiasi.

UUV Poseidon adalah salah satu dari enam senjata strategis Rusia, juga dikenal sebagai "Senjata Super", yang diperkenalkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidatonya pada tahun 2018 di Manezh Central Exhibition Hall dekat Kremlin.

Senjata super lainnya termasuk Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) Sarmat, Hypersonic Glide Vehicle (HGV) Avangard, rudal jelajah Burevestnik, rudal hipersonik Kinzhal yang diluncurkan dari udara, dan rudal hipersonik Zircon yang diluncurkan dari kapal.

Poseidon mungkin adalah senjata super pengubah permainan terbesar di gudang senjata Rusia, menambahkan dimensi lain pada pencegahan nuklir. Ini adalah "Torpedo Otonom Bersenjata Nuklir Antarbenua".

Kecepatan senjata diperkirakan sekitar 70 knot—lebih cepat dari torpedo yang ada—dan menurut beberapa laporan, bahkan mungkin 108 knot, membuatnya tidak dapat ditandingi senjata apa pun. Kedalaman operasinya sekitar 1.000 meter (3.300 kaki), sehingga membuatnya juga sulit diprediksi.

Didukung oleh reaktor nuklir, UUV Poseidon memiliki jangkauan fleksibilitas operasional yang tidak terbatas dalam hal peluncuran dan target lokasi. Itu juga dapat diluncurkan dari bawah lapisan es.

Poseidon mewakili metode pencegahan nuklir yang sangat cerdik yang dibayangkan oleh para perencana militer Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)