Bisa Bikin AS Tsunami Radioaktif, Kapal Selam Nuklir Rusia Rampung Uji Torpedo Poseidon

Kamis, 12 Januari 2023 - 15:46 WIB
loading...
Bisa Bikin AS Tsunami Radioaktif, Kapal Selam Nuklir Rusia Rampung Uji Torpedo Poseidon
Kapal selam bertenaga nuklir Belgorod Angkatan Laut Rusia dilaporkan telah merampungkan serangkaian tes mock-up torpedo Poseidon. Torpedo Poseidon dirancang untuk menciptakan tsunami radioaktif di negara musuh. Foto/Angkatan Laut Rusia/Oleg Kuleshov
A A A
MOSKOW - Awak kapal selam nuklir Belgorod Rusia dilaporkan telah menyelesaikan serangkaian tes mock-up torpedo Poseidon. Kapal dengan torpedo ini dirancang untuk menciptakan tsunami radioaktif di kota pantai negara-negara musuh termasuk Amerika Serikat (AS).

Penyelesaian serangkaian uji coba mock-up torpedo Poseidon itu dilaporkan kantor berita TASS yang mengutip sumber yang dekat dengan Departemen Pertahanan Rusia.

Menurut sumber itu, tujuan tes itu untuk memeriksa pengoperasian sistem peluncuran Poseidon. "Lemparan model super-torpedo Poseidon dilakukan untuk mengklarifikasi perilaku kapal selam pada kedalaman yang berbeda setelah peluncuran,” kata sumber tersebut, seperti dikutip dari EurAsian Times, Kamis (12/1/2023).

Menurut pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana dikutip CNN, intelijen AS sebelumnya mengamati kapal-kapal Angkatan Laut Rusia yang mungkin sedang mempersiapkan uji coba pertama torpedo nuklir Poseidon yang mampu menghantam kota-kota pesisir Amerika.



Di antara kapal-kapal yang terlibat dalam dugaan persiapan tersebut adalah kapal selam Belgorod bertenaga nuklir yang dilantik Angkatan Laut Rusia pada bulan Juli. Namun, pada saat pelantikannya, tidak terungkap di mana Belgorod akan dikerahkan.

Kapal selam Belgorod dibangun dari lambung kapal selam rudal jelajah Oscar-II yang tidak pernah selesai. Ini secara khusus disesuaikan untuk meluncurkan kendaraan bawah air tak berawak (UUV), termasuk torpedo Poseidon.

Menurut laporan Layanan Riset Kongres (CRS) AS, Belgorod dapat membawa hingga delapan Poseidon berhulu ledak nuklir. Namun, beberapa ahli senjata mengatakan muatannya kemungkinan besar adalah enam torpedo.

Sebelumnya, AS mengamati kapal-kapal Angkatan Laut Rusia, termasuk Belgorod, meninggalkan area pengujian di Laut Arktik dan kembali ke pelabuhan tanpa melakukan pengujian. Pejabat AS percaya tes itu mungkin tidak dilakukan karena kesulitan teknis.

Laporan terbaru ini muncul setelah laporan rahasia NATO pada akhir September menimbulkan kekhawatiran tentang penempatan kapal selam Belgorod di Laut Arktik, kemungkinan untuk menguji UUV Poseidon untuk pertama kalinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)