Inggris Dilaporkan Pertimbangkan Kirim Tank Challenger 2 ke Ukraina

Rabu, 11 Januari 2023 - 01:48 WIB
loading...
Inggris Dilaporkan Pertimbangkan Kirim Tank Challenger 2 ke Ukraina
Inggris dilaporkan pertimbangkan kirim tank Challenger 2 ke Ukraina. Foto/The British Army
A A A
LONDON - Inggris dilaporkan mempertimbangkan mengirim tank Challenger 2 untuk meningkatkan perlawanan Ukraina terhadap Rusia . Langkah Inggris ini akan menjadi yang pertama dari jenisnya dan kemungkinan akan mendorong militer Barat ikut menyumbangkan stok tank mereka ke Ukraina.

Adalah Sky News yang melaporkan hal ini yang mengutip sumber Barat yang mengetahui hal tersebut.

"Diskusi telah berlangsung selama beberapa minggu tentang pengiriman sejumlah tank tempur utama Angkatan Darat Inggris Challenger 2 ke angkatan bersenjara Ukraina," kata sumber tersebut seperti dikutip dari media yang berbasis di Inggris itu, Rabu (11/1/2023).

Untuk diketahui, kelompok yang terdiri dari 50 negara yang memberikan dukungan militer kepada Ukraina dan dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) akan mengadakan pertemuan pada 20 Januari. Setiap pengumuman tentang bantuan baru, seperti tank, dapat dibuat bertepatan dengan pertemuan Grup Kontak.

Satu sumber mengesankan Inggris mungkin menawarkan sekitar 10 tank Challenger 2, cukup untuk melengkapi satu skuadron.



Sumber itu mengatakan ini sendiri tidak akan menjadi "pengubah permainan" tetapi itu masih akan sangat signifikan karena langkah tersebut akan menembus penghalang yang sejauh ini mencegah sekutu untuk menawarkan tank Barat ke Ukraina karena takut dianggap terlalu meningkatkan eskalasi oleh Rusia.

Namun hal itu pada gilirannya dapat mendorong sekutu lain untuk melakukan hal yang sama, khususnya Jerman dan AS, untuk mengikutinya.

"Ini akan menjadi preseden yang baik untuk menunjukkan (kepada) orang lain - ke Jerman pertama-tama, dengan Leopard mereka... dan Abrams dari Amerika Serikat," kata sumber Ukraina itu.

Hingga saat ini belum ada keputusan akhir yang dibuat oleh pemerintahan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Namun jika benar-benar mengirimkan tank Challenger 2, Inggris akan menjadi negara pertama yang merespons permintaan dari para pemimpun Ukraina untuk melengkapi militer mereka tank-tanak Barat yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)