Profil Salva Kiir Mayardit, Presiden Sudan Selatan yang Viral Karena Video di Media Sosial

Selasa, 10 Januari 2023 - 18:05 WIB
loading...
Profil Salva Kiir Mayardit, Presiden Sudan Selatan yang Viral Karena Video di Media Sosial
Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit. Foto/REUTERS
A A A
JUBA - Enam jurnalis ditangkap oleh pihak keamanan Sudan Selatan. Hal ini terkait penyebaran video viral yang menunjukkan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit yang tampak mengompol pada suatu acara.

Pada rekaman video tersebut tampak noda hitam yang menyebar di celana abu-abu Presiden Sudan Selatan itu ketika berdiri menyanyikan lagu kebangsaan di acara pada bulan Desember 2022.

Salva Kiir Mayardit merupakan presiden Sudan Selatan pertama sejak 2011. Ia lahir dalam keluarga suku Dinka di wilayah selatan Sudan.

Pada 1960-an, Kiir Mayardit mengikuti perang saudara Sudan dan bergabung dengan Anya Nya, gerakan separatis selatan dalam perang melawan pemerintah Sudan yang berbasis di utara.



Setelah pertempuran berakhir, ia masuk ke tentara nasional Sudan. Pada 1983, Kiir Mayardit dan Kol John Garang de Mabior membelot dari tentara Sudan.

Bersama Garang de Mabior, Kiir Mayardit membantu pembentukan SPLM (Sudanese People's Liberation Movement) dan SPLA (Sudan People's Liberation Army).

Di SPLA, Kiir Mayardit merupakan salah satu deputi tertinggi dan memegang jabatan sebagai komandan dan wakil dewan.



Pada Januari 2005, ia terlibat dalam penyelesaian Perdamaian Komprehensif Agreement (CPA). CPA ini mengakhiri 21 tahun perang saudara antara utara dan selatan Sudan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)