Elon Musk Pecahkan Rekor Guinness World Records

Minggu, 08 Januari 2023 - 08:10 WIB
loading...
Elon Musk Pecahkan Rekor Guinness World Records
Elon Musk pecahkan rekor Guinness World Records untuk kerugian pribadi terbesar. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - CEO Tesla Elon Musk , yang pernah menjadi orang terkaya di dunia, telah memecahkan rekor dunia Guinness World Records untuk kerugian pribadi terbesar dalam sejarah. Musk diketahui mengalami kerugian hingga USD200 miliar atau sekitar Rp3.100 triliun sejak 2021.

Menurut Forbes, tokoh terkemuka kendaraan listrik itu telah kehilangan USD182 miliar (Rp2.840,5 triliun) sejak November 2021, meskipun sumber lain memperkirakan kerugiannya mencapai USD200 miliar. Kinerja pasar Tesla yang suram adalah penyebab utama kemalangan fiskal Musk, karena miliarder itu menginvestasikan sebagian besar uangnya di perusahaan itu.

Rekor sebelumnya dipegang oleh pengusaha teknologi miliarder Korea-Jepang Masayoshi Son, yang menyaksikan sekitar USD60 miliar (Rp936,4triliun) dari kekayaan bersihnya terhapus di beberapa titik selama kehancuran Dotcom tahun 2000.



"Dan jangan khawatir, meskipun Musk telah kehilangan lebih banyak uang daripada manusia mana pun dalam sejarah, dia tidak akan kelaparan dalam waktu dekat - dia masih orang terkaya kedua di dunia," kata organisasi pelacak rekor itu di sebuah postingan blognya seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (8/1/2023).

Pendiri merek mewah Prancis LVMH, Bernard Arnault, telah menggantikan Musk di urutan teratas daftar Guinness World Records sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih sekitar $190 miliar (Rp2.965 triliun).

Selama setahun terakhir saham Tesla mengalami penurunan hingga 65%, dengan Musk berkontribusi pada kemerosotan kekayaannya sendiri setelah menjual saham Tesla untuk membayar pembelian Twitter senilai USD44 miliar (Rp685 triliun) dan memicu aksi jual terbesar sejak perusahaan itu go public pada tahun 2010.



Terlepas dari angka-angka yang mengerikan ini, pernyataan publik Musk menunjukkan bahwa dia optimis tentang masa depan perusahaan mobilnya bahkan ketika investor menuduhnya terganggu oleh Twitter.

"Tesla mengeksekusi lebih baik dari sebelumnya," katanya bulan lalu, meyakinkan investor bahwa fundamental jangka panjang sangat kuat bahkan jika kegilaan pasar jangka pendek tidak dapat diprediksi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)