Drone Rusia 7 Kali Lebih Murah Dibanding Rudal Pertahanan Udara Ukraina

Kamis, 05 Januari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Drone Rusia 7 Kali Lebih Murah Dibanding Rudal Pertahanan Udara Ukraina
Sistem pertahanan udara NASAM digunakan Ukraina untuk menembak jatuh drone Rusia. Foto/Ukrayinska Pravda
A A A
MOSKOW - Fakta terungkap bahwa drone kamikaze yang lebih kecil yang digunakan Rusia jauh lebih murah daripada rudal pertahanan udara Ukraina yang digunakan untuk melawan mereka.

Hal itu diungkap dalam laporan New York Times (NYT) yang menambahkan, perbedaan harga itu menciptakan masalah bagi Kiev dan pendukung Baratnya.

Dalam artikel pada Selasa (3/1/2023), surat kabar itu tidak mempertanyakan klaim Kiev bahwa sebagian besar drone (UAV) yang diluncurkan oleh Rusia ditembak jatuh.

Namun NYT menunjukkan, bahkan dalam kasus ini stok pertahanan udara Ukraina telah habis.

“Berapa lama Ukraina dapat mempertahankan upayanya ketika banyak tindakan defensifnya jauh lebih mahal daripada drone itu?” tulis NYT bertanya-tanya.



“Selain mencoba menghancurkan drone yang masuk dengan senjata anti-pesawat dan tembakan senjata kecil, pasukan Kiev juga sangat bergantung pada rudal yang ditembakkan dari pesawat tempur dan darat yang sangat mahal,” tulis NYT.

Surat kabar itu mengutip kepala konsultan Ukraina Molfar, Artem Starosiek, yang mengklaim menggunakan rudal untuk melawan UAV menelan biaya hingga tujuh kali lebih banyak daripada drone itu sendiri.

“Drone yang digunakan Rusia dihargai sekitar USD20.000 per unit, sementara rudal darat-ke-udara dari gudang senjata Ukraina berkisar dari USD140.000 untuk S-300 era Soviet hingga USD500.000 untuk sistem NASAM yang dipasok AS,” papar Starosiek.

Artikel tersebut mengklaim drone yang digunakan Rusia di Ukraina adalah Shahed-136, yang dipasok oleh Iran. Klaim ini telah dibantah Moskow dan Teheran dalam banyak kesempatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)