3 Negara Produsen Senjata KKB Papua, 2 di Antaranya Negara Adidaya

Rabu, 04 Januari 2023 - 19:31 WIB
loading...
3 Negara Produsen Senjata KKB Papua, 2 di Antaranya Negara Adidaya
3 negara produsen senjata KKB Papua, 2 di antaranya negara adidaya. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara produsen senjata KKB Papua yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya bahkan berstatus sebagai negara adidaya.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua menjadi salah satu kelompok teror yang kerap menimbulkan kekacauan. Dalam riwayatnya, para anggota TNI terus memburu anggota-anggota KKB ini.

Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena KKB Papua ini juga memberikan perlawanan dengan persenjataan yang kerap menyusahkan. Dari sekian peristiwa baku tembak yang terjadi, teridentifikasi sejumlah persenjataan yang mereka gunakan.

Beberapa di antaranya adalah jenis seperti senapan serbu AK-47, M16, hingga Steyr AUG yang diketahui diproduksi negara-negara asing.

Berikut tiga negara yang menjadi produsen senjata KKB Papua.

1. Amerika Serikat

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua diketahui menggunakan sejumlah senjata, termasuk di antaranya adalah M16 buatan Amerika Serikat.

Mengutip Britannica, senapan M16 atau biasa disebut AR-15 dikembangkan oleh insinyur Amerika bernama Eugene Stoner dari ArmaLite Inc. Sekitar tahun 1950-an, senapan ini memiliki nilai tinggi karena tingkat keakuratannya, hingga bobot yang ringan.

Senjata ini diadopsi oleh Angkatan Udara AS pada 1959. Setelahnya, sekitar tahun 1962 namanya mulai dipatenkan menjadi M16. Dalam pengoperasiannya, senjata ini memiliki opsi kontrol tembakan semi-otomatis serta full-otomatis.

2. Austria
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)