Diklaim Mustahil Dicegat, Ini Spesifikasi Rudal Hipersonik Zircon Rusia

Rabu, 04 Januari 2023 - 17:02 WIB
loading...
Diklaim Mustahil Dicegat, Ini Spesifikasi Rudal Hipersonik Zircon Rusia
Diklaim mustahil dicegat, rudal hipersonik Zircon buatan Rusia memiliki kecepatan 9 kali kecepatan suara. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kapal perang Admiral Gorshkov akan menunjukkan kekuatannya kepada dunia, terutama Barat, pada awal tahun. Menurut jadwal, kapal perang milik Rusia itu memulai tugas tempurnya mulai Januari 2023 ini, di Laut Mediterania.Untuk itu, Admiral Gorshkov telah dilengkapi dengan rudal hipersonik tercanggih Zircon. Rudal hipersonik Zircon bahkan diklaim oleh Moskow sebagai senjata yang mustahil dapat dicegat oleh sistem pertahanan canggih apa pun.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, rudal hipersonik Zircon mampu melesat dengan kecepatan 9 Mach atau sembilan kali kecepatan suara. Putin juga mengklaim bahwa rudal hipersonik Zircon adalah senjata Rusia yang tak tertandingi di dunia. Bahkan, beberapa pakar negara barat mengakui bahwa rudal hipersonik Zircon memiliki kecepatan, kemampuan manuver, dan ketinggian jelajah yang sulit dilacak dan dicegat.



Selain itu, rudal Zircon memiliki jangkauan hingga 1.000 kilometer. Pada akhir Mei tahun lalu, Angkatan Laut Rusia telah melakukan uji coba rudal hipersonik, di tengah pertempuran di Ukraina. Saat itu, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, rudal Zircon berhasil menjangkau target latihan yang jaraknya 1.000 kilometer di Laut Putih. Hal ini mematahkan asumsi para ahli yang mempercayai jangkauan rudal tersebut sekitar 250-500 kilometer, berdasarkan uji coba yang yang dilakukan sebelumnya.

3M22 Zircon atau SS-N-33 merupakan rudal jelajah hipersonik anti-kapal yang bergerak di darat, udara, dan kapal selam. Rudal yang dikembangkan Rusia ini adalah rudal dua tahap, pada tahap pertama menggunakan bahan bakar padat, sedangkan pada tahap kedua menggunakan motor scramjet.

Mengutip laman Military Today, rudal hipersonik Zircon memiliki panjang 8-10 meter, dengan diameter sekitar 0,7 meter. Zircon mampu membawa hulu ledak nuklir dengan berat 300-400 kilogram. Potensi ledakan yang dihasilnya hulu ledak tersebut sekitar 250 kT.



Bila klaim Rusia soal kecepatan Zircon yang mencapai 9 Mach terbukti, maka rudal Zircon akan menjadi rudal jelajah tercepat di dunia yang mustahil dilawan. Selain dalam hal kecepatan, keunggulan Zircon juga terletak pada awal plasmanya. Rudal Zircon tertutup sepenuhnya oleh awan plasma selama penerbangan. Awan plasma tersebut membuat rudal tidak terlihat oleh radar sehingga perjalanan rudal menuju sasaran tidak terdeteksi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)