Ahli Virus China Melarikan diri ke AS, Klaim Beijing Menutup-nutupi Corona

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:03 WIB
loading...
A A A
Ketika dia mendarat di Bandara Internasional Los Angeles setelah 13 jam perjalanannya, dia dihentikan oleh petugas bea cukai.

Ketakutan mencengkeramnya dan Yan tidak tahu apakah dia akan berakhir di penjara atau dikirim kembali ke China.

"Saya harus mengatakan yang sebenarnya kepada mereka," katanya. "Saya melakukan hal yang benar. Jadi saya mengatakan kepada mereka bahwa 'jangan biarkan saya kembali ke China. Sayalah yang datang untuk mengatakan kebenaran di sini dari Covid-19...Dan tolong lindungi saya. Jika tidak, pemerintah China akan membunuh saya. "

FBI diduga dipanggil untuk menyelidiki klaim Yan. Yan mengklaim bahwa para agen FBI mewawancarainya berjam-jam, mengambil ponselnya sebagai bukti dan membiarkannya melanjutkan ke tujuannya.

FBI mengatakan kepada Fox News bahwa mereka tidak dapat mengonfirmasi atau menyangkal klaim Yan. Namun, Fox News ditunjukkan bukti penerimaan yang muncul untuk mengonfirmasi interaksi.

Ketika Yan berusaha menemukan pijakannya di Amerika, dia mengatakan teman-teman dan keluarganya di rumah sedang dimasukkan melalui wringer.

Yan mengklaim pemerintah "mengeroyok" kampung halamannya di Qingdao dan para agen merobek apartemen kecilnya dan menanyai orangtuanya. Ketika dia menghubungi ibu dan ayahnya, mereka memohon padanya untuk pulang, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak tahu apa yang dia bicarakan dan memintanya untuk menyerah.

Universitas Hong Kong men-take down halaman datanya dan tampaknya mencabut akses ke portal dan email online-nya, terlepas dari kenyataan bahwa dia mengatakan sedang cuti tahunan yang disetujui. Dalam sebuah pernyataan kepada Fox News, seorang juru bicara universitas mengatakan Yan saat ini bukan seorang karyawan.

"Dr Li-Meng Yan tidak lagi menjadi anggota staf universitas," bunyi pernyataan itu. "Karena menghormati karyawan kami yang sekarang dan mantan, kami tidak mengungkapkan informasi pribadi tentang dia. Pemahaman Anda sangat diapresiasi."

Kedutaan Besar China di Amerika Serikat mengatakan kepada Fox News bahwa mereka tidak tahu siapa Yan dan menegaskan China telah menangani pandemi secara heroik.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)