Ahli Virus China Melarikan diri ke AS, Klaim Beijing Menutup-nutupi Corona

Minggu, 12 Juli 2020 - 20:03 WIB
loading...
A A A
Yan mengatakan meskipun ada tekanan balik, dia telah berani dengan perasaan benar dan salah dan mengatakan dia harus berbicara meskipun ada konsekuensi pribadi dan profesional.

"Saya tahu bagaimana mereka memperlakukan pelapor (whistleblower)," katanya.

Seperti banyak orang sebelum dia, begitu Yan memutuskan untuk berbicara menentang China, dia mendapati hidupnya tampaknya dalam bahaya, dan juga kehidupan orang-orang terdekatnya.

Itu adalah ketakutan yang secara langsung disampaikan kepadanya dan dikonfirmasi oleh blogger Hong Kong yang berbasis di AS, Lu Deh.

Setelah dia berbagi beberapa teori dan kecurigaannya dengan blogger tersebut, dia mengatakan padanya bahwa dia perlu pindah, mungkin ke Amerika Serikat, di mana dia tidak harus terus-menerus melihat dari balik bahunya. Hanya pada saat itulah dia aman dan memiliki platform untuk berbicara.

Yan membuat keputusan untuk pergi, tetapi banyak hal menjadi rumit ketika suaminya yang telah bersamanya enam tahun, yang juga bekerja di labnya, menemukan panggilan telepon antara istrinya dan blogger.

Yan mengatakan kepada Fox News bahwa dia memohon suaminya untuk pergi bersamanya, dan mengatakan pasangannya, seorang ilmuwan terkemuka, pada awalnya mendukung penelitiannya, tiba-tiba dia berubah pikiran.

"Dia benar-benar kesal," katanya. "Dia menyalahkan saya, mencoba menghancurkan kepercayaan diri saya...Dia bilang 'mereka akan membunuh kita semua'," ujar Yan.

Terkejut dan sakit hati, Yan membuat keputusan untuk pergi tanpa sang suami.

Dia mendapatkan tiketnya ke AS pada 27 April. Dia akan terbang keesokan harinya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)