Kontrol Lalu Lintas Udara di Bandara Manila Tak Berfungsi, 282 Penerbangan Ditunda

Minggu, 01 Januari 2023 - 20:00 WIB
loading...
Kontrol Lalu Lintas Udara di Bandara Manila Tak Berfungsi, 282 Penerbangan Ditunda
Kontrol Lalu Lintas Udara di Bandara Manila Tak Berfungsi, 282 Penerbangan Ditunda. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Otoritas Filipina menghentikan penerbangan masuk dan keluar dari Manila pada Minggu (1/1/2023), karena tidak berfungsinya kontrol lalu lintas udara. Ini menyebabkan kekacauan bagi puluhan ribu pelancong.

Sebanyak 282 penerbangan ditunda, dibatalkan, atau dialihkan ke bandara regional lainnya, yang memengaruhi sekitar 56.000 penumpang di Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila (NAIA), kata operator bandara.



“Sistem itu sebagian dipulihkan pada pukul 16:00 waktu setempat, sehingga memungkinkan operasi penerbangan terbatas,” kata Otoritas Bandara Internasional Manila dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA).

Klip video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan antrian panjang di bandara dan karyawan maskapai membagikan paket makanan dan minuman kepada penumpang yang terlantar.

Pelancong mulai mengalami gangguan pada dini hari Tahun Baru, dengan otoritas bandara mengatakan dalam posting Facebook pada pukul 12.15 bahwa beberapa jadwal penerbangan dapat berubah "pada waktu tertentu".

Maskapai murah Cebu Pacific mengatakan, ada pemadaman listrik dan putusnya komunikasi di Pusat Manajemen Lalu Lintas Udara Filipina. Maskapai ini menawarkan penumpang yang akan terbang pada hari Minggu pemesanan ulang gratis atau opsi untuk mengubah tiket menjadi voucher.



Sementara Philippine Airlines mengatakan sejumlah penerbangan dialihkan, dibatalkan, dan ditunda, dan para pelancong harus memeriksa status perjalanan mereka sebelum melanjutkan ke bandara.

Dalam pembaruan berikutnya, otoritas bandara mengatakan Otoritas Penerbangan Sipil mulai menerima penerbangan ke NAIA setelah pemulihan sebagian sistem manajemen lalu lintas udaranya. Penerbangan Philippine Airlines PR222 dari Brisbane tiba di bandara sementara penerbangan Cathay Pacific CX 930 berangkat ke Hong Kong.

Seorang pelancong yang terkena dampak yang terbang keluar dari Jepang mengatakan kepada CNA bahwa dia dan penumpang lainnya menunggu sekitar empat jam di pesawat mereka di Bandara Internasional Narita.

Mereka berangkat sekitar pukul 15.40 waktu setempat untuk penerbangan ZIPAIR yang semula dijadwalkan berangkat pukul 16.05.

Pihak maskapai mengatakan penundaan itu disebabkan oleh gangguan di Manila, kata pelancong yang hanya ingin dikenal sebagai Kelvin itu. Lepas landas akhirnya dijadwalkan ulang menjadi 8.30 malam.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)