G7 Desak Taliban Cabut Larangan Perempuan Bekerja di LSM

Sabtu, 31 Desember 2022 - 01:30 WIB
loading...
G7 Desak Taliban Cabut Larangan Perempuan Bekerja di LSM
G7 Desak Taliban Cabut Larangan Perempuan Bekerja di LSM. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Para Menteri Luar Negeri G7 pada Kamis (29/12/2022) meminta Taliban untuk "segera mencabut" larangan bagi kaum perempuan Afghanistan untuk bekerja di sektor bantuan.

Para menteri mengeluarkan pernyataan bersama, bahwa mereka sangat prihatin dengan perintah sembrono dan berbahaya Taliban yang melarang karyawan perempuan bekerja di organisasi non-pemerintah (LSM) nasional dan internasional.



Menurut G7, itu membahayakan jutaan warga Afghanistan yang bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk kelangsungan hidup mereka. "Kami meminta Taliban untuk segera membatalkan keputusan ini," kata mereka dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris, seperti dikutip dari AFP.

Larangan itu merupakan pukulan terbaru terhadap hak-hak perempuan di Afghanistan sejak Taliban merebut kembali kekuasaan tahun lalu. Kurang dari seminggu yang lalu, kaum Islamis garis keras juga melarang perempuan menghadiri universitas, memicu kemarahan dan protes global di beberapa kota di Afghanistan.

“Perempuan benar-benar penting dalam operasi kemanusiaan dan kebutuhan dasar. Kecuali mereka berpartisipasi dalam pengiriman bantuan di Afghanistan, LSM tidak akan dapat menjangkau orang-orang yang paling rentan di negara itu untuk menyediakan makanan, obat-obatan, musim dingin, dan bahan serta layanan lain yang mereka butuhkan untuk hidup,” kata pernyataan G7.

“Taliban terus menunjukkan penghinaan mereka terhadap hak, kebebasan, dan kesejahteraan rakyat Afghanistan, khususnya perempuan dan anak perempuan,” tambahnya.



Pernyataan itu muncul setelah enam badan bantuan menangguhkan operasi di Afghanistan sebagai tanggapan atas larangan tersebut. Mereka termasuk Christian Aid, ActionAid, Save the Children, Dewan Pengungsi Norwegia dan CARE.

Komite Penyelamatan Internasional, yang memberikan tanggap darurat di bidang kesehatan, pendidikan, dan bidang lain serta mempekerjakan 3.000 wanita di seluruh Afghanistan, juga mengatakan akan menangguhkan layanan.

“Jutaan orang di Afghanistan berada di ambang kelaparan,” kata kepala program global Christian Aid, Ray Hasan. “Larangan pekerja bantuan perempuan hanya akan membatasi kemampuan kami untuk membantu semakin banyak orang yang membutuhkan,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)