Bolehkah Orang Israel Berkunjung ke Arab Saudi?

Jum'at, 30 Desember 2022 - 21:05 WIB
loading...
Bolehkah Orang Israel Berkunjung ke Arab Saudi?
Pemerintah Israel mengizinkan warganya bepergian ke Arab Saudi sejak 2020. Foto/Anadolu Agency
A A A
JAKARTA - Pemerintah Israel telah mengizinkan warganya untuk bepergian ke Arab Saudi sejak 2020 lalu. Untuk pertama kalinya, pada Minggu, 26 Januari 2020, Kementerian Dalam Negeri mengatakan warga Israel yang Muslim maupun Yahudi mempunyai hak melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk kunjungan bisnis hingga kegiatan keagamaan.

Sekadar diketahui, Israel dan Arab Saudi tidak mempunyai hubungan diplomatik secara resmi. Pendudukan Israel atas wilayah Palestina sudah lama menjadi faktor utama yang mencegah terbentuknya hubungan diplomatik.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Israel, izin masuk warga ke Israel berlaku selama sembilan hari. Namun pernyataan tersebut diklarifikasi dengan menyebutkan bahwa izin yang berlaku selama 90 hari.

Biasanya warga Israel yang Muslim melakukan perjalanan haji dengan menggunakan izin khusus atau paspor asing. Sementara, pebisnis Israel dapat pergi ke Arab Saudi asal mendapat undangan dari badan resmi serta sudah mengurus dokumen yang diperlukan untuk masuk ke Arab Saudi.

Sebelum izin berkunjung ini dikeluarkan, pemerintah Israel melarang warganya untuk melakukan perjalanan ke negara Arab, termasuk Arab Saudi. Namun, selama larangan tersebut diterapkan, banyak pengusaha Israel yang melakukan perjalanan secara diam-diam ke Arab Saudi.

Meski pemerintah Israel telah mengizinkan warganya berkunjung ke Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan bahwa orang Israel saat itu tidak diterima Arab Saudi.

Pada 2019, Arab Saudi meluncurkan visa pariwisata untuk pengunjung dari 49 negara. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mendiversifikasi ekonomi.

Namun sayangnya, Israel bukan salah satu negara yang memenuhi syarat tersebut. Akan tetapi, kini Arab Saudi telah mengizinkan maskapai penerbangan Israel untuk terbang melintasi wilayahnya.

Selain itu, izin bagi perusahaan asing untuk mengoperasikan penerbangan ke Israel melalui wilayah udaranya juga diberikan oleh Arab Saudi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)