Sergei Lavrov: AS Sedang Perang dengan Rusia, Ada Ratusan Tentara Amerika di Ukraina

Jum'at, 30 Desember 2022 - 16:58 WIB
loading...
A A A
Segera setelah penggulingan Yanukovych, pasukan Rusia menduduki Semenanjung Crimea dan sebagian wilayah Donbas timur, memicu konflik berkepanjangan yang menjadi dasar invasi Moskow pada Februari.

Kremlin telah mencoba membingkai konflik tersebut sebagai perang defensif melawan NATO.

Dalam wawancara, Lavrov berbicara panjang lebar tentang keterlibatan mendalam Washington dalam konflik di Ukraina, meski para pemimpin Amerika berulang kali menjamin bahwa personel AS tidak akan berperan dalam pertempuran di negara itu.

"Puluhan, bahkan mungkin ratusan tentara Amerika berada di Ukraina, mereka ada di sana bahkan sebelum kudeta [2014],” kata Menlu Larov.

"Perwira CIA menempati setidaknya satu lantai di Dinas Keamanan Ukraina," imbuh dia.

Terkait upaya pembicaraan perdamaian yang tidak ada kemajuannya, Lavrov menyalahkan AS.

"Sekarang semua orang berbicara lagi tentang perlunya pembicaraan, tetapi mereka segera menuduh kami menolak untuk bernegosiasi, meskipun [Presiden Rusia Vladimir] Putin telah berulang kali mengatakan bahwa tidak ada proposal yang serius," kata Lavrov.

"Contoh pertemuan Istanbul menunjukkan dengan jelas bahwa bahkan saat itu AS mengatakan kepada Kiev untuk menahan diri: 'Belum. Anda belum menghabiskan Rusia sampai pada tingkat yang kami, orang Amerika, rasa cukup'," imbuh dia, mengacu pada putaran terakhir pembicaraan diadakan di Turki.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)