5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia

Kamis, 29 Desember 2022 - 19:31 WIB
loading...
5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia
Anggota Tim Operasi Khusus Garda Nasional Siprus dan US Navy SEAL berpartisipasi dalam pelatihan militer bersama di Limassol, Siprus, 10 September 2021. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
WASHINGTON - Setiap negara mempunyai pasukan khusus di dunia militer, salah satunya adalah Amerika Serikat. Pasukan elite tersebut mengemban tugas operasi khusus hingga rahasia.

Diketahui, Amerika Serikat termasuk negara dengan kemampuan militer terkuat. Berikut 5 pasukan elite Amerika Serikat.

1. Delta Force

Delta Force atau The 1st Special Forces Operational Detachment-Delta (1st SFOD-D) adalah unit pasukan khusus Angkatan Darat Amerika Serikat.

5 Pasukan Elite Amerika Serikat untuk Operasi Khusus dan Misi Rahasia


Pasukan khusus ini dibentuk pada 1977 oleh Charlie Beckwith, perwira dari Baret Hijau dan veteran perang Amerika di Vietnam.

Pasukan yang telah melalui banyak perubahan nama ini ada di bawah kendali operasional Komando Operasi Khusus Gabungan.

Misi pasukan adalah melaksanakan kontra-terorisme, penyelamatan sendera, misi aksi langsung, misi rahasia yang bekerja sama dengan CIA, hingga layanan perlindungan tingkat tinggi.

Terdapat sejumlah misi yang pernah dilakukan oleh Delta Force, namun tidak dikonfirmasi oleh pihak Amerika Serikat, di antaranya adalah invasi ke Grenada, invasi ke Panama, Perang Teluk 1 dan 2, Perang Kartel Kolombia, dan Perang Bosnia.

2. FAST
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)