AS Akan Bantu Ukraina Tahan Serangan Drone Kamikaze Produksi Iran

Kamis, 29 Desember 2022 - 11:40 WIB
loading...
AS Akan Bantu Ukraina Tahan Serangan Drone Kamikaze Produksi Iran
AS Akan Bantu Ukraina Tahan Serangan Drone Kamikaze Produksi Iran.
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah meluncurkan kampanye untuk membatasi rantai pasokan drone Iran yang digunakan untuk mengirimkan drone ke Rusia untuk digunakan di garis depan Ukraina. Hal itu diungkapkan pejabat intelijen, militer, dan keamanan nasional kepada New York Times, Rabu (28/12/2022).

Upaya AS akan fokus untuk mencegah Iran memproduksi drone “Kamikaze” yang telah digunakan Rusia untuk melawan Ukraina. Para pejabat Iran mengaku telah mentransfer drone "dalam jumlah terbatas" ke Rusia sebelum menginvasi Ukraina pada November.



Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Adrienne Watson mengatakan, AS sedang mencari cara untuk menargetkan produksi drone Iran melalui sanksi, kontrol ekspor, dan berbicara dengan perusahaan swasta yang bagian-bagiannya telah digunakan dalam produksi.

Laporan itu juga menambahkan, AS akan memberi militer Ukraina kemampuan untuk menembak jatuh kendaraan udara tak berawak, serta menargetkan lokasi peluncuran yang digunakan oleh militer Rusia.

“Kami sedang menilai langkah lebih lanjut yang dapat kami ambil dalam hal kontrol ekspor untuk membatasi akses Iran ke teknologi yang digunakan dalam drone,” kata Watson.



Selama ini muncul laporan Rusia telah menggunakan drone “Kamikaze” buatan Iran untuk menyerang sumber energi dan infrastruktur Ukraina menjelang awal musim dingin. Ukraina telah melaporkan drone terbang berpasangan dan kemudian menabrak sasaran, karena drone yang diberi nama tepat itu meledak saat terjadi benturan.

Pada bulan November, AS memberlakukan sanksi terhadap perusahaan dan individu yang dituduh terlibat dalam produksi atau transfer drone Iran yang digunakan oleh Rusia dalam serangan terhadap Ukraina.

Pembantu presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan pada hari Senin bahwa perdagangan drone Iran-Rusia "secara terang-terangan mempermalukan institusi sanksi internasional" dan menyerukan langkah lebih lanjut - yaitu, "likuidasi" fasilitas drone Iran.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)