Bermental Baja, Mahasiswi Afghanistan Demo Seorang Diri di Depan Taliban

Kamis, 29 Desember 2022 - 10:05 WIB
loading...
Bermental Baja, Mahasiswi Afghanistan Demo Seorang Diri di Depan Taliban
Bermental Baja, Mahasiswi Afghanistan Demo Seorang Diri di Depan Taliban.
A A A
KABUL - Seorang mahasiswi Afghanistan berusia 18 tahun mengalami ejekan dan hinaan Taliban pada akhir pekan saat dia melakukan protes tunggal menentang larangan perempuan menghadiri universitas.

“Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya merasa sangat bangga, kuat, dan kuat karena saya menentang mereka dan menuntut hak yang diberikan Tuhan kepada kami,” kata Marwa kepada AFP. Ia menolak untuk memberikan nama belakangnya.



Protes yang dipimpin perempuan semakin jarang terjadi di Afghanistan sejak kembalinya Taliban, terutama setelah penahanan aktivis inti pada awal tahun. Peserta demo sangat berisiko ditangkap, mengalami kekerasan, dan mendapat stigma sosial.

Tapi Marwa bersikeras menggelar aksi demo seorang diri. Kakak perempuannya merekam video protes diam-diam dengan telepon dari mobil, ketika Marwa mengangkat poster hanya beberapa meter dari pintu masuk kampus Universitas Kabul, institusi terbesar dan paling bergengsi di negara itu.

Dalam serangan terbaru mereka terhadap hak-hak perempuan, Taliban pekan lalu melarang pendidikan universitas bagi perempuan, yang memicu kemarahan internasional. Beberapa wanita telah mencoba untuk memprotes larangan tersebut, tetapi mereka dengan cepat dibubarkan.



Pada hari Minggu, di depan penjaga Taliban yang dikerahkan di gerbang Universitas Kabul, Marwa dengan berani membawa plakat bertuliskan "Iqra", kata Arab untuk "baca".

“Mereka mengatakan hal-hal yang sangat buruk kepada saya, tetapi saya tetap tenang,” katanya. “Saya ingin menunjukkan kekuatan seorang gadis Afghanistan, dan bahkan satu orang pun dapat melawan penindasan,” lanjutnya.

“Ketika saudara perempuan saya yang lain (mahasiswa) melihat seorang gadis lajang melawan Taliban, itu akan membantu mereka bangkit dan mengalahkan Taliban,” kata Marwa.



Sementara Taliban menjanjikan bentuk pemerintahan yang lebih lunak ketika mereka kembali berkuasa pada Agustus tahun lalu, mereka malah memberlakukan pembatasan keras terhadap perempuan - secara efektif menekan mereka keluar dari kehidupan publik.

Sekolah menengah untuk anak perempuan telah ditutup selama lebih dari setahun, sementara banyak perempuan yang kehilangan pekerjaan pemerintah dibayar sebagian kecil dari gaji mereka untuk tinggal di rumah. Wanita juga dilarang pergi ke taman, pusat kebugaran, dan pemandian umum.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)