Kelompok HAM Sebut Belasan Demonstran Iran Hadapi Risiko Hukuman Mati

Rabu, 28 Desember 2022 - 19:15 WIB
loading...
Kelompok HAM Sebut Belasan Demonstran Iran Hadapi Risiko Hukuman Mati
Kelompok HAM Sebut Belasan Demonstran Iran Hadapi Risiko Hukuman Mati. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Setidaknya 100 warga Iran yang ditangkap dalam lebih dari 100 hari protes nasional menghadapi dakwaan yang dapat dihukum mati . Hal itu diungjapkan kelompok Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Oslo, Selasa (27/12/2022).

Protes telah mencengkeram Iran pada 16 September, sejak kematian dalam tahanan seorang wanita Iran-Kurdi, Mahsa Amini (22), setelah penangkapannya di Teheran karena dugaan pelanggaran aturan berpakaian ketat negara untuk wanita.



Awal bulan ini, Iran mengeksekusi dua pria sehubungan dengan protes tersebut, peningkatan tindakan keras pihak berwenang yang menurut para aktivis dimaksudkan untuk menanamkan ketakutan publik.

Dalam sebuah laporan hari Selasa, IHR mengidentifikasi 100 tahanan yang menghadapi potensi hukuman mati, termasuk setidaknya 11 orang yang telah dijatuhi hukuman mati. Lima tahanan dalam daftar IHR adalah perempuan.

Laporan itu mengatakan banyak dari mereka memiliki akses terbatas ke perwakilan hukum. “Dengan menjatuhkan hukuman mati dan mengeksekusi beberapa di antaranya, mereka (otoritas) ingin membuat orang pulang,” kata direktur IHR Mahmood Amiry-Moghaddam, seperti dikutip dari AFP.

"Itu memiliki beberapa efek. Tetapi, apa yang kami amati secara umum adalah lebih banyak kemarahan terhadap pihak berwenang. Strategi mereka menyebarkan ketakutan melalui eksekusi telah gagal,” lanjutnya.



Dalam jumlah kematian terbaru yang dikeluarkan Selasa, IHR mengatakan 476 pengunjuk rasa telah tewas sejauh ini. Badan keamanan utama Iran pada awal Desember memberikan korban tewas lebih dari 200 orang, termasuk petugas keamanan.

Setidaknya 14.000 orang telah ditangkap sejak kerusuhan nasional dimulai, kata PBB bulan lalu. Majidreza Rahnavard, 23, digantung di depan umum dari derek pada 12 Desember setelah dijatuhi hukuman oleh pengadilan di Mashhad karena membunuh dua anggota pasukan keamanan dengan pisau.

Empat hari sebelumnya, Mohsen Shekari, juga berusia 23 tahun, telah dieksekusi karena melukai seorang anggota pasukan keamanan. Pengadilan mengatakan bahwa sembilan orang lainnya telah dijatuhi hukuman mati atas protes tersebut, dua di antaranya telah diizinkan untuk diadili ulang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)