Krisis Energi, Uni Eropa Terancam Gelap Gulita

Rabu, 28 Desember 2022 - 00:16 WIB
loading...
Krisis Energi, Uni Eropa Terancam Gelap Gulita
Krisis energi, Uni Eropa terancam gelap gulita. Foto/Ilutsrasi/Bloomberg
A A A
WINA - Uni Eropa (UE) hanya memiliki sedikit peluang untuk menghentikan pemadaman listrik di tengah krisis energi yang diperburuk oleh konflik Ukraina dan harus bersiap menghadapi dampaknya.

Demikian peringatan yang dikeluarkan oleh Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner pada hari Selasa (27/12/2022).

Berbicara kepada Die Welt, menteri Austria itu menilai kemungkinan pemadaman listrik di beberapa bagian UE sebagai sangat tinggi dalam waktu dekat.

“Risiko pemadaman listrik yang meluas sekali lagi meningkat secara signifikan sebagai akibat dari perang Ukraina,” katanya.

“Pertanyaannya bukan apakah itu terjadi, tetapi kapan,” tegas sang menteri seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (27/12/2022).



Tanner juga mengklaim, tanpa memberikan bukti, bahwa bagi Presiden Rusia Vladimir Putin serangan peretas di jaringan energi Barat adalah bentuk “perang hibrida”.

“Kita tidak boleh berpura-pura bahwa ini hanya sebuah teori. Kita harus bersiap untuk pemadaman listrik di Austria dan Eropa,” ujarnya.

Menurut Tanner, militer Austria serta layanan pemerintah lainnya secara teratur melakukan latihan yang relevan. Mereka juga membangun kesadaran melalui kampanye untuk membagikan brosur kecil di tempat umum tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi pemadaman listrik.

Ketika ditanya apakah tindakan seperti itu bisa memicu kepanikan, sang menteri menampik anggapan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)