Kaleidoskop 2022: Tepi Barat dan Yerusalem Membara, Israel Ingin Habisi Perlawanan

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:41 WIB
loading...
A A A
Sejalan dengan intensifikasi penangkapan, militer Israel dengan sengaja meningkatkan pembunuhan ekstra-yudisial yang ditargetkan terhadap warga Palestina, yaitu para pejuang perlawanan.

Hal ini mengakibatkan pembunuhan lebih dari 160 warga Palestina di Tepi Barat saja (49 orang lainnya tewas di Gaza selama serangan bulan Agustus).

Peran Otoritas Palestina dalam Menumpas Perlawanan

Ketika Israel melanjutkan kampanyenya melawan kelompok-kelompok perlawanan Palestina, pemerintah dan angkatan bersenjata Israel telah menemukan mitra sejati dan teruji dalam penindasan mereka, Otoritas Palestina (PA).

Pada tanggal 19 September, pasukan keamanan PA, yang mempertahankan kebijakan koordinasi keamanan yang kontroversial dengan Israel, telah menggerebek kota Nablus dan menangkap dua pejuang perlawanan Palestina, Musaab Shtayyeh (30) dan Ameed Tbeileh (21).

Musaab Shtayyeh telah menjadi penerus tidak resmi Ibrahim al-Nabulsi, “Singa dari Nablus,” setelah pembunuhannya awal musim panas ini.

Dalam proses penggerebekan, yang memicu konfrontasi hebat di Nablus dan protes terhadap PA di Tepi Barat, pasukan keamanan PA membunuh Firas Yaish yang berusia 55 tahun.

Bagi sebagian besar masyarakat Palestina, serangan PA terhadap para pejuang di Nablus adalah serangan terhadap perlawanan Palestina, dan hanyalah contoh lain dari PA yang dituding justru melakukan pekerjaan kotor Israel.

Serangan yang ditargetkan terhadap perlawanan di Nablus terjadi hampir sepekan setelah Lapid dan Kochavi berbicara tentang peningkatan komunikasi dengan militer Israel dan pasukan keamanan PA dalam menargetkan perlawanan Palestina.

Cengkeraman Israel di Tepi Barat sebagian besar bergantung pada fasilitasi yang diberikan PA dalam mengawasi, menargetkan, menangkap aktivis, dan mengarahkan kembali keterlibatan politik Palestina menjauh dari wacana pembebasan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0857 seconds (0.1#10.140)